Head Cover Silinder NMP Meler??

Pernahkah dulur2 semua mengalami kejadian tiba2 waktu sehabis touring trus motor lagi dibersihin dicuci nemu oli meler disekitaran seal head? Trus coba dulur2 bersihin sampek kinclong abis itu dikendarai lg nmpnya lalu jarak beberapa hari lagi oli tersebut muncul lagi di seal head cover? Pertanda apakah demikian?

cover
Gambar dari bro Dzikri Riyanto
Nah disini kita ulas apa penyebab seal head cover nmp dulur2 rembes. Ane pernah mengalami masalah kayak gini. Mulanya ane beranggapan kalo seal head udah waktunya ganti. Nah langsung ane bawa ke ahass ternyata karet seal masih bagus belum ada gurat2 yang patah. Kemudian coba ganti karet baru dan dipasang lagi eh oli tetep rembes dan ternyata baut head cover nmp ane udah dol.
Penyakit baut head nmp dol memang diakui oleh para mekanik cukup sering dialami oleh para pemilik nmp terutama baut yang terletak di dekat knalpot itu sering terjadi dol. Berikut adalah solusi untuk mengatasi masalah baut dol :
1. Mengganjal dengan plat
Untuk mengganjal plat disini merupakan solusi pertama dan solusi darurat jika dulur2 belum memungkinkan untuk cor ulang baut yang dol. Caranya adalah cari plat yang cukup tipis mungkin plat dari kemasan minuman
Kemudian potong plat tersebut kira2 panjang 15mm lebar 5mm plat yang udah dipotong tadi masukkan ke lubang drat baut yang dol td
plat
Kemudian tekuk plat yang tidak masuk lubang tadi agar plat tetap pada tempatnya. Dan rakit kembali head cover seperti semula.
2. Mengganti baut dengan yang model lebih kasar
Menurut saran dari om Baha Bin Bahrudin solusi lain jika dulur2 mengalamu baut dol yaitu dengan mengganti baut dengan model yang sama tetapi yang lebih kasar.
Misal baut tipe 0.25 diganti dengan 0.5
Untuk bautnya bisa anda dapatkan di toko spare part motor, mobil, atau toko2 baut disekitar anda atau di ACE HARDWARE atau AJBS.
3. Cor ulang dudukan baut yang dol
Nah, jika kedua solusi di atas tidak mengatasi masalah dulur2 sekalian maka solusi terakhir adalah cor ulang ke tukang bubut. Untuk cor ulang sebenarnya tidak terlalu ribet untuk bongkar mesin seluruhnya.
noken as
Dulur2 cukup melepas dudukan noken as yang ada pada head motor.
Gambar dari bro Iñdrã Wõñg Bøêmêñt
Lalu tinggal mengantrikannya ke tukang bubut untuk dicor ulang dan dibikin dudukan baut yang baru. Untuk waktu servis biasanya pagi dikerjakan sore hari motor baru bisa diambil dari bengkel karena yang banyak memakan waktu adalah antre di tukang bubutnya. Untuk estimasi biaya relatif terjangkau kisaran 25rb
Demikian tips n trik nya. Semoga bermanfaat.
Ucapan terima kasih for
Dulur2 Honda Megapro Community
Dulur Dzikri Riyanto
Dulur Baha Bin Bahrudin
Dulur Iñdrã Wõñg Bøêmêñt
http://remcakram.com/2013/11/12/keseringan-bongkar-pasang-head-cover-silinder-bikinmeler/

Advertisements
This entry was posted in Megapro, Tips and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Head Cover Silinder NMP Meler??

  1. rizal kurniawan says:

    Ongkos bongkar mesin sama cornya brapa om? Nmp saya juga gini prmasalahannya

    Like

  2. Dwipd says:

    Ahhhhh punya ane rembes pas disitu.
    Coba ganti packingnya aja dulu yak ndan.
    Heheh nice info

    Like

  3. adhit says:

    om itu pas bubut nya rumah baut nya tembus ato nggak itu om ?

    Like

  4. adhit says:

    om itu pas bubut ulang tembus ato nggak om rumah baut nya ?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s