Perawatan Karburator Vakum

Hari gini masih pake karburator? capek deeh.. kan udah jamannya injeksi. heheheh 😀 kata2 ini mungkin terlontar di benak temen2 sekalian, namun saat ini masih banyak beredar motor dengan karburator maka apa salahnya kita bahas karburator vakum ini. Cekibrooot…
Sebelum sepeda motor memakai injeksi teknologi yang digunakan adalah karburator. karburator memiliki bermacam-macam versi, ada karburator CV, VM, PB, PE, PWL, PWK dll. Secara umum teknologi karburator ada 2 yaitu karburator konvensional dan karburator vakum.
Karburator konvensional adalah karburator yang bukaan skepnya tergantung pada tarikan gas, karburator konvensional memiliki kelebihan yaitu tarikan gas yang spontan namun bbm menjadi boros. Contoh motor yang pakai karbu konvensional : Tiger, Ninja 150, RX King, NSR SP, Astrea Series dll.

IMG_20140627_123430

(Karburator Megapro Lama)

Sedangkan karburator vakum adalah karburator yang bukaan skepnya tergantung kevakuman pada ruang bakar sehingga walaupun teman2 melintir gas secara spontan namun skep akan terangkat secara bertahap. COntoh motor yang memakai karbu vakum adalah : Satria FU, Old CBR, NMP, Byson, Mio, Beat, Vario 110 dll.

(Karburator Vakum)
Sumber : otomotifnet.com

Nah karburator vakum inilah hasil transisi teknologi karburator ke injeksi yang dipakai sampai sekarang ini

Bagan Karburator Vakum

Karet vakum karbu

Sumber : otomotifnet.com dan motorplus online

Cara Kerja karbu vakum :

Begitu katup kupu-kupu terbuka lebar dan isapan makin deras, saat itu terjadi kevakuman di ruang vakum sehingga karet diafragma menyempit dan mengangkat piston skep ke atas. Debit gas bakar pun bertambah. (Purwo, mekanik JAB Matic spesialis Kymco dari Jl. Serdang Baru, No. 11, Cempaka Putih, Jakarta Pusat)

Slamet, kepala instruktur Yamaha Enginering School (YES), menjelaskan secara rinci. Saat putaran mesin langsam, posisi katup kupu-kupu dan piston vakum tertutup, gas bakar dipasok lewat lubang pilot outlet. Di mana gas bakar dari pilot-jet yang diatur pilot screw, keluar dari lubang itu.

Berikut adalah tips perawatan karburator vakum :

  1. Karburator vakum sebaiknya jangan sering dibongkar karena jika salah penanganan akan merusak elastisitas karet vakum.
  2. Pada saat mencopot karbu jangan diletakkan terbalik. Hukumnya haram 😀
  3. Jika dilakukan tune up maka pisahkan karet vakum dengan komponen karburator lain yg berbahan metal karena sifat karet jika terkena cairan kimia akan mengeras atau getas
  4. Jika skep karet vakum baret teman2 bisa mengolesinya dengan sedikit oli, atau kit poles.
  5. Jika karet vakum telah mengeras atau sobek maka ganti karet vakum agar kendaraan bisa berjalan normal seperti semula.
  6. Masa pakai karet vakum antara 3-5 tahun. Jika lebih dari 5 tahun sebaiknya diganti.
  7. Jangan membersihkan karet vakum memakai bensin atau carb cleaner atau disemprot pakai kompressor karena akan merusak permukaan karet, karet bisa keras bahkan berlubang)
  8. Jika kondisi darurat karet vakum berlubang kecil sebesar jarum maka bisa dilem pakai threebond.
  9. Teman2 bisa mengecek apakah karburator vakum bermasalah atau tidak dengan meniup lubang karbu yang di atas, lubang yang panjang itu mengarah ke karet vakum. Apakah waktu teman2 tiup skep terangkat atau tidak? Jika terangkat maka tidak ada masalah jika tidak terangkat bisa jadi karet vakum teman2 telah bocor. https://juragankarbuvakum.files.wordpress.com/2011/11/foto0276.jpg?w=214&h=283

Sumber gambar : Juragan Karbu Vakum

Demikian tips dari saya semoga bermanfaat 😀

Advertisements
This entry was posted in Tips and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Perawatan Karburator Vakum

  1. prodicnyot says:

    Harga karet vacum karbu nmp berapa? Kok punya ane brebet2 ketika posisi gas digantung trus tba2 dbejek kya telat bensinn.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s