Bis Sumber… Joss (Perjalanan PO Sumber Group dari waktu ke waktu)

“Bis sumber joss”. Kalimat ini yg sering dilontarkan di kalangan penumpang2 Bus Sumber Group termasuk saya 😀 . Penumpang2 tersebut dari berbagai kalangan ada karyawan yang berangkat kerja pp, ada anak sekolah, mahasiswa dll. Mereka banyak yang memilih armada bus tersebut karena pelayanannya yang bagus. Mengapa CMP mengatakan bus tersebut memiliki pelayanan yang bagus? Karena untuk sekelas bus ekonomi armada bus Sumber Group merupakan armada yang terbaru dengan perawatan yang bagus jadi lebih tangguh dalam membelah jalur Surabaya-Jogja. Seat yang ada di dalamnya berkonfigurasi 3-2 namun nyaman di kelasnya, kursi santai dengan space yang longgar sangat cocok untuk penumpang jarak jauh dalam meminimalisir kelelahan selama di perjalanan, crew yang ramah dan sopan menambah aspek positif armada Sumber Group, tersedia juga audio visual yang menghibur penumpang dalam perjalanan dan yang paling disukai oleh para penumpang adalah ketepatan waktu (ini yang saya suka).

Armada PO Sumber group telah mengalami banyak pengalaman dalam mengelola armadanya. Dimulai dari 6 Armada Bus yang mulanya dinamai Sumber Kencono milik Bapak Setyaki Sasongko dengan trayek Jember – Jogjakarta, walaupun saat itu nama Sumber Kencono belum setenar PO Jaya Raya, PO Hasti, PO Flores dan PO Akas yang merajai perbis an pada saat itu namun pelan tapi pasti PO Sumber Kencono mulai menunjukkan kemajuan. Seiring dengan jaman sekitar tahun 90 an PO Jaya Raya dan PO Hasti mengalami keterpurukan, PO Flores menjadi PO EKA-MIRA. PO Sumber Kencono semakin digemari dan ramai penumpang. Saat itu masyarakat sangat menyukai bis “kenceng” dan bus Sumber Kencono menjadi salah satu bus favorit.

IMG0250A

Pada saat itu PO Sumber Kencono memiliki armada bus merek Mitsubishi BM untuk kelas ekonomi dan Mitsubishi RM untuk kelas patas. Namun pada akhir dekade 90 an Indonesia terkena krisis ekonomi berimbas pada dunia perbis an di Indonesia, kuantitas penumpang menurun akhirnya armada patas PO Sumber Kencono vakum dan fokus ke armada ekonomi dengan bus bermesin Mitsubishi BM dan Hino AK3HR dengan karoseri New Armada dan Laksana. Memasuki dekade 2000 an Surabaya Jogja hanya diisi oleh 3 PO, yaitu Sumber Kencono, Eka-Mira dan Akas. Ketiga armada tersebut bersaing dan apabila ketemu di jalan balapan, blong2 an dan itu memberikan sensasi tersendiri bagi penumpang 😀 . Tahun 2005 Hino AK1J ikut memperkuat armada PO Sumber Kencono dengan bodi buatan laksana dan PO Sumber Kencono menjadi salah satu armada yang terbaik.

Mitsu BM

Mesin Mitsubishi RM (Sumber : Bismania)

Kemudi Hino AK3HR

Ciri2 Hino AK3HR dengan kemudinya (Sumber : Bismania)

Kemudi Hino RG1J

Kemudi Hino AK1J dan Hino AK8J (Sumber : Bismania)

Pada tahun 2007 Hino AK8J digunakan PO Sumber Kencono dalam meremajakan armadanya, dengan mesin turbo intercooler yang bertenaga dan lebih nyaman menjadikan PO Sumber Kencono semakin tangguh. Tahun 2008 PO Sumber Kencono mendatangkan armada mesin Dongfeng. Armada dongfeng ini sangat fantastis, mesinnya sangat powerful dan memiliki TOP speed di atas rata2 bus pada saat itu bisa dibilang PO Sumber Kencono menjadi armada paling kencang, namun armada dongfeng dirasa kurang nyaman bagi sebagian penumpang.

IMG-4824 copy

Sumber Kencono Mesin Dongfeng (Sumber : bismania.com)

IMG-4832

Interior bus SK dongfeng ada kubah mesinx yang ukuran jumbo. (Sumber : Bismania.com)

Tahun 2009 merupakan revolusi armada bus di Jawa Timur, dipelopori Aneka Jaya, Restu, dan Mira mengeluarkan bus ATB (AC Tarip Biasa) dan diikuti oleh PO Sumber Kencono supaya bisa menggaet penumpang yang saat itu beralih ke ATB. Untuk armada ATB PO Sumber Kencono menggunakan Hino AK8 dengan bodi laksana tipe Nucleus 3.

IMG0397A

Tahun 2010 armada PO Sumber Kencono menggunakan bodi legacy untuk merefresh tampilan pada busnya sementara tetap menggunakan mesin Hino AK8, namun akhir tahun 2010 merupakan goresan sejarah kelam PO Sumber Kencono mengalami berbagai kecelakaan lalu lintas. Tahun 2011 tingkat kecelakaan lalu lintas PO Sumber Kencono Semakin tinggi dan akhirnya sebagian dari PO Sumber Kencono diubah namanya menjadi PO Sumber Selamat. PO Sumber Kencono dan Sumber Selamat tetap dalam satu manajemen PO Sumber Group. Dan saat itu juga manajemen PO Sumber Group berbenah dalam mengantisipasi kecelakaan lalin mulai dari mengirim crew untuk ditraining oleh Dishub, sampai pemberian sanksi tegas untuk driver yang ugal2 an.

IMG_9721

Armada PO Sugeng Rahayu liveri sticker

Namun sayang pada tahun 2012 terulang kembali kecelakaan fatal yang terjadi di Mojokerto, sebernarnya penyebabnya bukan bus Sumber Kencono itu sendiri namun kendaraan yang dari berlawanan arah crash sehingga memakan sebagian jalan yang menyebabkan banyaknya tuntutan agar PO Sumber Kencono dicabut trayeknya. Untuk mengantisipasi hal tersebut dan mengubah image ugal2 an akhirnya owner PO Sumber Group Mengubah nama PO Sumber Kencono menjadi PO Sugeng Rahayu dengan liveri lumba2 yang bermakna setia melayani masyarakat setulus hati 😀

Diperlukan sosialisasi dan promosi kepada masyarakat agar PO Sugeng Rahayu bisa berjaya seperti PO Sumber Kencono dan seiring dengan waktu PO Sugeng Rahayu bisa melanjutkan suksesi PO Sumber Kencono. Pada tahun 2014 seluruh armada terbaru memakai bodi Discovery dan mengeluarkan armada Golden Star untuk armada pariwisata dan tahun 2015 keluarlah PO Sugeng Rahayu Patas dengan bodi Adi Putro dan laksana liveri warna merah.

IMG_9733

Armada Sumber Selamat bodi discovery

IMG_9736

Armada PO Sugeng Rahayu New Livery

IMG_20141212_222518

Armada Sugeng Rahayu patas Adi Putro (Sumber : fp SK Lovers)

IMG_20141218_182230

Armada patas sugeng rahayu/ golden star bodi laksana legacy sr-1 (sumber fp SK lovers)

Kini PO Sumber Group telah berbenah dalam pelayanannya terutama aspek keselamatan lalu lintas, crew yang sekarang lebih berhati-hati dalam mengemudikan armadanya agar penumpang selamat sampat tujuan walaupun image bus kencang masih melekat pada PO Sumber Grup. Masyarakat masih berminat untuk menggunakan armada PO Sumber Group.  Yaah Semoga PO Sumber Group tetap berjaya dan tetap setia melayani masyarakat setulus hati 😀

Advertisements
This entry was posted in Bis, Hobi and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Bis Sumber… Joss (Perjalanan PO Sumber Group dari waktu ke waktu)

  1. gara gara PO ini jadi terobsesi punya mobil/motor kenceng biar bisa ikutankejar kejaran 😀

    Like

  2. CoolMegaPro says:

    hahaha… iya om. yah memang asyik lok ikut2an kejar2 an.. tapi tetep hati2 bro.. keluarga menunggu di rumah 😀

    Like

  3. Warga Sipil says:

    Paling enak naik motor sambil ngintili sumber kencono balapan.. ada tontonan gratis 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s