Nilai Ujian Nasional Tidak Menentukan Kelulusan

Selamat siang rekan2 CMP, kali ini CMP akan membahas mengenai dunia pendidikan di negara kita Indonesia. Baru-baru ini sedang ramai dibicarakan masalah tentang UN. Ada apa dengan UN ya?? UN kan diadakan tiap tahun sebagai penentu kelulusan siswa dalam melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk tahun ini UN 2015 berbeda dengan UN sebelumnya, apa sih bedanya? UN 2015 tidak menentukan kelulusan siswa, per tahun 2015 prosentase kelulusan siswa bakal berimbang antara Ujian nasional dan ujian sekolah 50 : 50 sehingga sekolah memiliki wewenang dalam menentukan kelulusan siswa. Peraturan menteri kali ini bisa menjadi kabar gembira bagi para siswa lantaran kelulusan tidak ditentukan dalam waktu 3-4 hari (Ujian Nasional) namun kelulusan siswa ditentukan empat hal. Yakni, menyelesaikan seluruh pembelajaran, memperoleh nilai minimal baik pada nilai akhir untuk seluruh mata pelajaran, lulus ujian sekolah, dan lulus UN. Selain itu juga beban siswa menjadi berkurang karena sampai sekarang UN masih menjadi momok yang menakutkan bagi siswa.

siswa

Berkaca pada UN yang dilakukan tahun lalu para siswa seperti dikejar target dalam pembelajaran, pasalnya mereka tidak cukup belajar di sekolah mulai pagi sampai sore bahkan masih mengikuti les di luar jam belajar di sekolah sampai malam dan malamnya masih mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh sekolah akibatnya waktu untuk istirahat bagi siswa sangat terbatas padahal istirahat sangatlah penting dalam merefresh pikiran setelah seharian beraktivitas.

Siswa juga tertekan dalam mencapai target lulus UN, akibatnya mereka mencari pelampiasan yang mengarah ke hal-hal yang negatif, ini pun juga sangat bertolak belakang dengan tujuan pendidikan kita.

Siswa tidak ada waktu untuk bermain dan menyalurkan bakat kreativitasnya, padahal hal itu sangatlah penting dalam perkembangan otak kanan siswa.

Menteri Pendidikan Nasional Anies Baswedan mengatakan bahwa Anak-anak yang hasil ujian nasionalnya kurang, diberi kesempatan memperbaiki dengan ujian ulang, dan hal ini dilakukan agar ujian nasional tidak menjadi hakim bagi lulus-tidaknya siswa, melainkan sebagai alat pembelajaran. Siswa akan memiliki waktu lagi untuk belajar dan mengikuti ujian nasional berikutnya. Kebijakan ini akan diterapkan mulai tahun ajaran 2016-2017. Untuk siswa yang tidak lulus ujian nasional tahun ini, ujian ulangan baru akan dilakukan pada awal 2016. Ini merupakan kesempatan yang bagus bagi siswa yang mungkin kurang beruntung dalam menghadapi UN pertama maka mereka dapat mengikuti UN ulang sehingga mereka memiliki banyak kesempatan untuk dapat lulus.

Namun UN 2015 ini juga memiliki sisi negatif juga karena sekolah akan lebih berat lagi tugasnya dalam menentukan kelulusan karena rentan terhadap kecurangan ataupun tekanan, bisa saja terjadi subjektivitas dalam penentuan kelulusan siswa. Kelemahan berikutnya untuk beberapa siswa yang kurang berminat belajar dan terkadang menjadi menyepelekan UN sehingga mereka cenderung lebih suka bermain tanpa mengenal waktu. Maka dari itu diperlukan dukungan dari berbagai pihak baik itu sekolah maupun orang tua agar mendorong siswa untuk belajar.

Harapan penulis kedepannya pendidikan di Indonesia menjadi semakin lebih baik kualitasnya sehingga mencetak para generasi unggul yang berilmu, bermoral dan beragama.

Dan Semoga adik2 yang sedang menghadapi UN semoga diberi kesuksesan dan dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. aamiin

Sekian

Sumber :

http://informasiseputarguru.blogspot.com/2014/12/informasi-kelulusan-nilai-un-tidak.html

http://www.tempo.co/read/news/2015/01/23/173637006/Anies-UN-Bukan-Lagi-Penentu-Kelulusan-Siswa

Advertisements
This entry was posted in Pendidikan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s