Motor Matic Dilarang Masuk Bromo? Antara Pro dan Kontra

Saat ini di dunia maya lagi ramai2. Disini bukan ramai karena orang jualan tetapi ramai spanduk larangan kendaraan matic masuk kawasan Bromo, Tengger dan Semeru.

Gambar dari Adi Nugroho Budi Utomo

Ini nih biang keroknya yakni spanduk larangan kendaraan jenis matic masuk kawasan Bromo. Muncul pertanyaan di benak kita kenapa sih kendaraan matic dilarang segala? Disini terdapat 3 pihak yang terlibat dalam penetapan peraturan tersebut yaitu pengelola wisata, Kepolisian, dan Dishub. Dalam menetapkan peraturan tersebut pasti ada pertimbangan mengingat banyaknya kejadian yang menimpa para rider, mulai dari vixion, cb150r bahkan r15 yang ambrol gara2 keganasan bromo (referensi : pertamax7.com) , motor sport aja bisa ambrol apalagi matic belum lagi motor matic kalo di turunan tanpa bantuan engine brake maka keselamatan rider bisa terancam gara2 meluncur ke jalan turunan tanpa terkendali. Walaupun aturannya tujuannya baik ternyata menimbulkan pro dan kontra.

bromo2

Indahnya bromo, semua kalangan pasti ingin menikmatinya tanpa terkecuali

Pihak yang pro biasanya mereka sadar akan keselamatan, biasanya mereka memang tidak memakai motor matic ketika pergi ke bromo sehingga tidak ada masalah jika peraturan tersebut dilaksanakan.

Pihak yang kontra biasanya yang merasa terdiskriminasi. Terutama yang hanya memiliki motor matic dan menggunakan motor matic dalam segala aktivitasnya termasuk berwisata ke bromo. Apalagi (nuwun sewu) yang masih bisa membeli sebuah matic itupun kredit maka akan kecewa pula.

Sebenarnya motor maticpun bisa aman dipakai di tanjakan maupun turunan, beberapa motor matic kelas entry telah dilengkapi dengan CBS, dan motor matic kelas premium beberapa sudah dilengkapi dengan ABS untuk membantu pengereman terutama di turunan yang curam. Dan yang paling penting itu skill ridernya dalam mengendalikan motornya sendiri. Pakai motor sportpun sebenarnya kalau skill ridernya pas-pasan ya bisa membahayakan. iya kan lur?

Beberapa varian motor Vario telah dilengkapi CBS

Nmax.. Motor matic premium dengan abs (foto dari tmcblog)

Nah masalah menerima atau tidaknya peraturan tersebut kembali kepada pribadi masing-masing, kalo menurut CMP yah apapun motornya tetep hati2 adalah nomor satu. Jangan sampai kita celaka karena kecerobohan kita akibat tidak bisa mengendalikan kendaraan kita sendiri. Nah semoga pihak yang terkait meninjau ulang larangan tersebut.

bromo 1Motor CMP numpang mejeng 😀

Advertisements
This entry was posted in Safety Riding and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s