PSSI… Riwayatmu Kini..

Artikel ini merupakan bentuk keprihatinan CMP terhadap persepakbolaan di Indonesia.

Sumber : portalkbr.com

Sejak Diberikan sanksi oleh FIFA, dunia persepakbolaan di Indonesia bisa dikatakan mati suri, memang harapan kemenpora saat ini adalah untuk memperbaiki sepakbola Indonesia, namun langkah yang dilakukan kurang tepat mengapa kemenpora turut campur di PSSI, padahal harusnya PSSI berdiri secara independen tanpa intervensi dari siapapun termasuk kemenpora, dan sampai saat ini belum ada langkah kongkret yang dilakukan kemenpora terhadap PSSI sebagai bentuk pertanggungjawaban. Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana nasib PSSI atau persepakbolaan Indonesia masa mendatang? Pertanyaan tersebut saat ini masih susah untuk dijawab. Bahkan pasca pemberian sanksi oleh FIFA malah memberikan beberapa dampak sebagai berikut :

  1. Secara psikis pemain sepakbola di Indonesia mentalnya pasti akan down, karena disamping akan sepinya tournamen di masa mendatang akan berdampak pada nasibnya di masa mendatang. Kalo udah begini yah kasian juga mereka kesulitan untuk menafkahi anak dan istrinya.Nasib Timnas Tak Jelas Nil Maizar Pulang Kampung Nil Maizar mengaku hanya bisa pasrah dengan kondisi yang terjadi di sepak bola Indonesia
    source: http://soccer.sindonews.com/read/1009226/59/nasib-timnas-tak-jelas-nil-maizar-pulang-kampung-1433494497
  2. Club sepakbola di daerah sebagian membubarkan diri. Untuk club yang sudah membubarkan diri adalah Persipura dan mungkin team2 yang lain akan menyusul, pasca sanksi oleh FIFA pelatih dan pemainnya mengaku sedih karena mereka sudah banyak latihan dan ternyata dibubarkan dan kini mereka pasrah menerima nasib yang belum jelas.
  3. Supporter yang selama ini ramai membela timnya termasuk timnas Indonesia saat ini pasti kecewa berat terhadap kemenpora, PSSI dan BOPI sebagai pihak yang bertanggung jawab atas sanksi yang diberikan oleh FIFA. Ke depannya kemungkinan euforia supporter sepakbola di Indonesia menjadi surut.
  4. Pengangguran akan bertambah karena banyak pemain, wasit, pelatih, management, sampai crew2  kehilangan mata pencahariannya di persepakbolaan Indonesia.
  5. Secara ekonomi rating ekonomi mikro (apaan tuh 😀 ) akan turun, alias banyak penjual merchandise  yang rugi karena pembelinya akan berkurang banyak, belum lagi penjual makanan atau yang lain di sekitar stadion juga akan menerima dampaknya.
  6. Nasionalisme akan sepakbola di Indonesia semakin menurun.
  7. Persepakbolaan di Indonesia sudah pasti ratingnya di mata internasional akan lebih buruk lagi.

Yah memang sudah saatnya Indonesia memperbaiki persepakbolaan di Indonesia mulai dari timnas sampai skuad2 yang ada di daerah, namun yg lebih baik lagi jika PSSI berdiri sendiri tanpa campur tangan atau intervensi dari siapapun termasuk kemenpora. Semoga kemenpora diberikan kesadaran atas apa yang dilakukannya dan bertanggung jawab,  semoga Allah memberikan rahmat dan rizki-Nya kepada para pemain, wasit dan crew sepakbola Indonesia dan semoga sepak bola Indonesia tetap hidup.
Salam Olahraga…

Advertisements
This entry was posted in Berita, Hobi and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s