Honda Megapro dari Generasi ke Generasi

Halo sobat CMP. Kali ini ane akan mengulas Honda Megapro dari generasi yang paling tua sampek generasi yang paling muda berikut spek2nya. Oke langsung saja cekibrot :

Honda Megapro Hiu (Old Megapro) (versi non double starter 1999-2001) (versi double starter 2002-2005).

Megapro pertama ada pada tahun 1999, megapro merupakan lanjutan dari GL Pro neotech yang masih mengandalkan mesin kaizen dengan kapasitas 156 cc. Mesin megapro dan GL Pro neotech boleh dibilang sama persis dengan perbedaan bodi yang membulat. Untuk megapro hiu mula2 tanpa dilengkapi dengan double stater, namun karena permintaan konsumen akhirnya tahun 2002 muncul honda megapro versi double starter. Berikut adalah gambar dan spesifikasi honda old megapro :

Megapro non double starter

Megapro double starter

Spek mesin:
4-stroke, OHC
Cylinder: 1
Kapasitas mesin: 156,7 cc
Bore x stroke: 63,5 x 49,7 mm
Rasio kompresi: 9,0: 1
Max power: 13,3 hp @ 8500 rpm
Max torque: 1,3 kgf.m @ 6500 rpm
Pendingin: udara
Fuel system: Silinder ventury karbu 24
Pengapian: CDI-DC, battery
Battery/accu: 12v-4Ah
Busi: ND X 24 EP-U9 / NGK DP8EA-9
Transmisi: 5-speed (1-N-2-3-4-5)
Kopling: manual, tipe basah, double clutch
Starter: kick

Dimensi:
Panjang x lebar x tinggi: 2034 x 754 x 1062 mm
Jarak sumbu roda: 1281 mm
Tinggi jok: 772 mm
Jarak ke tanah: 149 mm
Cam chain: silent chain (rantai)
Kapasitas olie mesin: 0,9 liter
Kapasitas tangki: 8.0 liter
Konsumsi bbm: 51,4 km per liter @ 50 km/jam
Berat: 106 kg
Rangka: diamond steel
Suspensi:
– depan: teleskopik
– belakang: swing arm, double shockbreaker
Ban:
– depan: 2,75-18 – 42P
– belakang: 3,00-18 – 47P
Rem:
– depan: cakram dengan double piston
– belakang: drum (tromol)

Megapro primus / Megapro Advance (2006-2009).

Generasi megapro ini merupakan facelift dari megapro hiu dengan bodi yang menyambung di tengah, dan untuk kelistrikan megapro primus menggunakan CDI limiter, beda dengan generasi sebelumnya yang menggunakan CDI Unlimit, tangki berubah dengan volume yang berkurang dari versi sebelumnya.  Honda megapro generasi ini sering disebut dengan megapro primus karena bintang iklannya pada saat itu adalah Primus Yustisio.

Megapro Advance

Spesifikasi :

Mesin: 4-stroke, SOHC, 1 silinder
Diameter x langkah: 63.5 x 49.5 mm
Kapasitas mesin (volume langkah): 156.7cc (160)
Perbandingan kompresi: 9.0 : 1
Pendingin: udara
Max. power: 13.3 ps @ 8500 rpm
Max. torsi: 1.3 kgf.m @ 6000 rpm
Transmisi: 5-speed (1-N-2-3-4-5)
Kopling: manual, tipe basah dan plat majemuk
Battery/ accu: 12V – 5 Ah
Pengapian: DC – CDI, Battery
Starter: electric dan kick
Busi: ND X 24 EP – U9/MGK DP8 EA-9
Tangki bbm: 13,2 liter
Berat:
– 126 kg, tipe SW
– 127 kg, tipe CW
Dimensi:
Panjang x lebar x tinggi: 2034 x 754 x 1065 mm
Jarak sumbu roda: 1281 mm
Jarak ke tanah: 149 mm
Tinggi jok: 774 mm
Rangka: pola berlian (diamod style)
Suspensi:
– depan: teleskopik
– belakang: swing arm, double shockbreaker
Ban:
– depan: 2.75 – 18 42P
– belakang: 3.00 – 18 47P
Rem:
– depan: cakram hidrolik dengan piston ganda
– belakang: tromol

New Megapro (2010-2013).

Tahun 2010 honda mengeluarkan New Megapro sebagai penerus dari honda megapro. Dengan keluarnya honda New Megapro maka mesin kaizen turunan GL Pro 160 cc pensiun dan dikeluarkan mesin baru dengan kode GL15R. Megapro ini merupakan perubahan 100% dari megapro generasi sebelumnya dengan desain yang fresh, Headlamp dengan model baru, tangki dilengkapi dengan shourd yang memanjang, buritan belakang dilengkapi dengan monoshock untuk kestabilan berkendara, dan velg sudah rim 17. Ini sebagai jawaban AHM untuk menepis anggapan bahwa AHM minim inovasi dan cuma ganti baju.

New Megapro

Spesifikasi :

Mesin: 4-stroke, SOHC
Kapasitas (volume langkah): 149,2cc (150)
Diameter x langkah: 57,3 x 57,8 mm
Perbandingan kompresi: 9,5 : 1
Max. power: 13,7 ps @ 8500 rpm
Max. torsi: 1,31 kgf.m @ 6500 rpm
Pendingin: udara
Pengapian: DC – CDI Digital
Battery/ accu: MF battery, 12 V – 5 A.h
Kopling: manual, multiplate wet clutch
Starter: electric dan kick
Busi: NGK CPR8EA-9 / NGK CPR9EA-9
Kapasitas olie mesin: 1 liter
Tangki bbm: 12,2 liter
Berat:
– 136 kg (tipe Spoke)
– 134 kg (tipe CW)
Transmisi: 5-speed (1-N-2-3-4-5)
Dimensi:
Panjang x lebar x tinggi: 2.050 x 757 x 1.075 mm
Jarak sumbu roda: 1.313 mm
Jarak ke tanah: 152 mm
Rangka:
Rangka: pola berlian (diamond steel)
Suspensi:
– depan: teleskopik
– belakang: tunggal (monoshock) dapat disetel keras dan lembut
Ban:
– depan: 80/100 – 17 M/C 46P (tipe CW tubeless & tipe Spoke tube)
– belakang: 100/90 – 17 M/C 55P (tipe CW tubeless & tipe Spoke tube)
Rem:
– depan: cakram hidrolik dengan piston ganda
– belakang:
– tromol (tipe SW)
– cakram hidrolik dengan piston tunggal (tipe CW)

Megapro FI (2014-sekarang)

Pada tahun 2014 honda mengeluarkan Megapro FI dengan pengabut bahan bakar sistem fuel injeksi dan desain mengalami perubahan dengan shourd dan bodi yang lebih agresif, desain knalpot berubah, footstep diaplikasikan dengan model menggantung. Menurut spek di atas kertas powernya sedikit menurun karena untuk dapat lolos EURO 3 sehingga kelebihannya adalah ramah lingkungan.

Megapro FI

Kapasitas mesin: 149,5 cc (150)
Bore x stroke: 57,3 x 57,84 mm
Rasio kompresi: 9,5 : 1
Max power: 9,8 kw (13,3 ps) @ 8500 rpm
Max torque: 12,3 nm (1,25 kgf.m) @ 6500 rpm
Sistem bahan bakar: Fuel Injection (FI)
Kopling: manual, multiplate, wet clutch with coil spring
Transmisi: 5-speed (1-N-2-3-4-5)
Starter: electric dan kick
Perlistrikan:
Battery (accu): 12v-3,5Ah
Busi: NGK CPR9EA-9
Pengapian: Full Transisterized
Dimensi:
Panjang x lebar x tinggi: 2052 x 742 x 1079 mm
Jarak sumbu roda: 1316 mm
Jarak ke tanah: 156 mm
Olie mesin: 1,0 liter (penggantian periodik)
Tangki bbm: 12,3 liter
Berat: 135,5 kg
Rangka: diamond
Suspensi:
– depan: telescopic
– belakang: swingarm, monoshock
Ban:
– depan: 80/100-17 M/C 46P
– belakang: 100/90-17 M/C 55P
Rem:
– depan: disc (cakram) hidraulik, double piston
– belakang: disc (cakram) hidraulik, single piston

Advertisements
This entry was posted in Megapro and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Honda Megapro dari Generasi ke Generasi

  1. bogel says:

    Mantap cak yan..!

    Like

  2. Ione Santoso says:

    Mangstap bro

    Like

  3. damasus says:

    Mantaap bro..saran bro..aq pk Megapro angkatan 1 thn 1995…149 cc..Lampu dpn besar ky GL max bro..tp sayang nggak punya foto nya..thanks bro..

    Like

  4. Okamura says:

    thanks infonya, ane jadi makin cinta lagi sama NMP ane

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s