Tips Merawat Sepeda Motor

Haloo sobat CMP semua tanpa terkecuali πŸ˜€ Pada kesempatan ini CMP akan berbagi tips cara merawat sepeda motor secara umum, mungkin sobat2 ada yang sudah tau cara merawat motor yang benar, namun banyak juga yang belum tau cara merawat motornya alias masih awam, bagi yang belum tau mungkin yang punya uang bisa ke bengkel untuk ngerawat motornya, namun bagi yang berkantong cekak (kayak CMP :D) mau ga mau ya merawat motornya sendiri. Merawat motor hukumnya wajib loh, jangan disepelekan. Kalau motornya dipake saat beraktivitas tiba2 ngadat bisa2 dorong motor ke bengkel sampe melet2 nih hehehe πŸ˜€ :p

10383548_10202975817754833_3709638581340055680_nMotor CMP udah ulang tahun ketiga

Oke langsung saja pada topik utama, berikut adalah perawatan motor yang bisa dilakukan sendiri (pemilik) :

  1. Selalu cek kondisi motor sebelum digunakan. Sebelum beraktivitas ada baiknya kita mengecek kondisi motor terlebih dahulu, mulai dari lampu utama jangan lupa dinyalakan, fungsi lampu sein, lampu belakang dan lampu rem, cek tekanan ban depan dan belakang, cek fungsi rem, dan cek kondisi kelistrikan.
  2. Selalu panasi motor sebelum beraktivitas, misal setiap pagi sebelum digunakan. Ini berlaku untuk motor injeksi maupun karburator. Memanasi motor bertujuan untuk melancarkan sirkulasi oli agar dapat melumasi komponen secara keseluruhan. Memanasi motor tidak harus lama-lama, 2-3 menit aja cukup.
  3. Disiplin untuk ganti oli. Untuk yang satu ini jangan sampek telat bro, kalo telat akibatnya bisa fatal, jika sampek kehabian oli motor ente2 akan brodhol, tentunya akan banyak biaya. Mengganti oli idealnya setiap 2000 km sekali atau max 2 bulan. Apapun olinya yang penting disiplin gantinya.
  4. Untuk pemakaian sehari-hari lebih baik dalam kecepatan normal jika menginginkan motor sobat awet. Jalankan motor sobat pada kecepatan kisaran 40-60 untuk di perkotaan dalam artian dalam kondisi normal, dan 60-80 di jalanan yang sepi/ lengang atau di luar kota. Jangan biasakan sering2 gas kontan motor karena rantai/fan belt akan cepat kendor, jangan sering bleyer2 agar kampas kopling motor sobat awet. Jika jalan menanjak gunakan gigi yang sesuai dan gunakan gigi secara berurutan untuk yang transmisi manual.
  5. Servis berkala sepeda motor ente, bisa 6 bulan atau setahun sekali. Servis jangan sering2 karena kalau sering2 akan bikin baut slek atau dol, bisa bikin kantong ente jebol juga. hehehe, kecuali kalau ada trouble sebaiknya segera diservis agar kerusakan tidak merembet.
  6. Gunakan suku cadang berkualitas. Jika memang waktunya ganti segera ganti suku cadang motor2 sobat, gunakan yang berkualitas karena akan memperpanjang penggunaannya. Kalau bisa gunakan suku cadang yang ori bro karena telah teruji, namun jika dana terbatas bisa gunakan suku cadang aftermarket dengan kualitas yang baik dengan harga yang bersahabat. πŸ˜€
  7. Jaga kebersihan motor sampeyan. Nah ini juga ga kalah penting brother, kan kita tau kebersihan adalah sebagian dari iman. hehehe Kalau motor bersih kan lebih semangat dalam berkendara dan lebih nyaman juga. Dalam membersihkan motor bisa dicuci ato dilap, jika kotornya parah bisa dicuci, kalo tidak parah bisa dilap dengan kanebo atau kain yang lembut.

Kalau motor awet tentu sobat akan lebih senang kan, walaupun mungkin motor udah tua namun masih enak untuk dikendarai, dan lebih safety juga tentunya.

bromo 1Motor kalau fit dikendarai ke Bromo pun nyaman

Sekian semoga bermanfaat.

Advertisements
This entry was posted in Tips and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s