Tips Memperpanjang Pemakaian Kampas Kopling Motor

Penggunaan motor secara terus menerus akan mengurangi usia kampas kopling, terutama di jalanan yang macet, jalan yang menanjak, apalagi jika pemakaiannya yang kurang tepat akan mempercepat keausan kampas kopling. Sebenarnya jika penggunaannya tepat kampas kopling bisa relatif awet, umurnya mencapai 30-40 ribu kilometer bahkan bisa lebih, namun masih banyak motor sobat yang sudah ganti kampas kopling sebelum mencapai kilometer tersebut.

https://i2.wp.com/img534.imageshack.us/img534/7345/img2013010500216.jpg

Kampas Kopling NMP original, yang menurut CMP awet banget, ga gampang gosong.

(gambar minjem dari : fjb kaskus http://img534.imageshack.us/img534/7345/img2013010500216.jpg) belum punya gambar sendiri karena belum bongkar kampas kopling sejak beli 😀

Berikut CMP akan berbagi tips memperpanjang usia kampas kopling :

  1. Ketika kopling tidak digunakan saat berjalan jangan menekan setengah kopling karena kampas kopling akan menerima beban/ tekanan yang besar sehingga akan cepat mengikis permukaan kopling bahkan plat kopling bisa aus. Kesalahan yang sering terjadi adalah jika di lampu merah pengendara sering menekan tuas kopling saat berhenti, lebih baik jika berhenti apalagi waktu lampu merah posisikan gigi pada posisi netral jika jalan agak menanjak atau menurun gunakan rem tangan.
  2. Gunakan transmisi sesuai kecepatan yang dianjurkan, biasanya ini untuk motor bebek yang tidak menggunakan rpm. Umumnya motor bebek gigi 1 bisa dipake sampek kecepatan 20 kpj, gigi 2 sampek 40 kpj, gigi 3 sampek 60 kpj selanjutnya tambah kecepatan perlahan – lahan pakai gigi 4 sampek top speed 😀  .
  3. Kalau dulur2 menggunakan motor batangan yang ada rpmnya biasanya untuk jalan normal kita gunakan rpm 7rb, tapi kalo pengen agak kenceng ya bisa gunakan rpm 8-9 rb. Kalo mau ngejar top speed ea bisa sampek mentok, tapi kan tidak mungkin kita tiap hari jalan sampek top speed.
  4. Lakukan perpindahan gigi sehalus mungkin (kalau bisa :D) misalkan kita memindahkan gigi naik ataupun gigi turun kita tekan dan lepaskan kopling secara perlahan-lahan agak kopling tidak mendadak menerima beban.
  5. Jangan ganti per kopling racing karena per kopling cenderung keras, namun jika sobat menginginkan akselerasi yang nampol silakan, namun jangan mengeluh jika kampas kopling cepat habis.
  6. Setelan kopling jangan terlalu nyetut, kasih jarak bebas tuas kopling agar kopling tidak gampang selip dan akhirnya cepat habis.

Nah mari kita sama2 introspeksi apakah kita sudah tepat dalam mengendarai tunggangan kita? Kita tentunya jangan menganggap tunggangan kita adalah robot yang bisa kita forsir pemakaiannya, namun anggaplah sebagai peliharaan kita yang kita gunakan, kita beri makan dan minum dan kalau sakit tentunya kita yang mengobati.

CIMG3710

Motor CMP udah 51rb km alhamdulillah belum ganti kampas kopling

Demikian share pengalaman dari CMP semoga bermanfaat. Yang mau kasih kritik dan saran monggo 😀 …

Advertisements
This entry was posted in Hobi, Megapro, Otomotif, Tips, Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

11 Responses to Tips Memperpanjang Pemakaian Kampas Kopling Motor

  1. saliwoakai says:

    Megy Ane sering dipake Sodara Om, msh Newbie Naik motor Kopling,pernah ane dibonceng: Pindah giginya Kasar, dikit2 main kopling, jarang denger engin Breaking. hadehh… ketar ketir klo dia dipinjem. wkwkwkw…
    mudah-mudahan Awet dah, udah 25rb Km.

    Like

    • coolmegapro says:

      karakter pengendara memang beda2 om.. ada yg suka maen kopling apalagi bleyer2. trus naiknya kenceng lagi hehehe.. ada juga yang bawanya halus.. newbie belum tentu bawanya kasar kadang yg udah senior aja karakternya kasar gt hehehe.. yah kisaran km segitu udah bagus kok om untuk motor jaman sekarang.. 😀 yg penting motore sehat walafiat om.. hehe

      Like

      • saliwoakai says:

        Dia pengguna matic om. Wkwkwk..
        Emang kasar klo naik. Hoah…
        Gk kira2,langsung tancap geber.
        Klo ane analisa motor dipake dia, boros bbm, rante cpt kendor, ban cpt alus, kampas kopling boros, kampas cakram depan belakang cepet abis. Wkkwkwk owalah jd curhat.

        Like

      • coolmegapro says:

        hehehe kalo orang macam gt seh ada om. sodaraku rider megapro hiu, kapan hari pernah pakai motor ane. sodara ane tuh sukanya juga gas kontan langsung akselerasi, rem ndadak trus bleyer2.. ane yg punya aja ketar ketir om.. kalo dianya selama punya megapro hiu 10 tahun sudah ganti kamkop 4 kali malah bbmnya juga boros motore juga bolak balik turun mesin.. klo udah gitu ga jadi ngirit malah ngorot hehehehe gpp om namanya juga sharing. heheheh

        Like

      • saliwoakai says:

        Wkwkwkwkwk…..
        Iya om adit.

        Like

  2. yantok says:

    nmp ane udah 57 rbu blum gnti kmpas kopling bro? gmna msh aman gk? atau perlu ganti?

    Like

  3. Erwin nurahman says:

    Salam kenal Om CMP, kebetulan ane baru aja ganti kampas kopling NMP. Gejalanya tuh motor kayak gak ada tarikannya. Mesin udah teriak2 tapi kayak jalan ditempat. Megi ane keluaran thn 2012, Km udah sekitar 56ribuan. Banyak faktor penyebab aus kampas kopling. Dari Riding style Ampe jalanan macet bs berpengaruh. Semoga awet deh nih kampas kopling. Salam Satu Aspal.

    Like

  4. hakim says:

    shogun R 2005 udah138rb km blm ganti kanvas motor masih bisa buat wheelie, kanvas masih bagus ga klo gni

    Like

    • coolmegapro says:

      joss om. produk suzuki sebenarnya kualitasx ok. hanya saja sayangnya CEOnya sekarang ga niat jualan motor.. kampas masih bagus ato ga bisa dirasakan dari jalanx motor. klo rpm mesin meraung trus kecepatannya terasa kurang ya itu tandanya kamkop minta ganti.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s