Ganti filter udara.. Hukumnya Wajib

Haaiii sobat CMP, ketemu lagi dengan posting selanjutnya. Pada artikel ini yang dibahas adalah filter udara, apa sih filter udara itu? Filter udara adalah komponen yang melekat pada kendaraan baik motor ataupun mobil tepatnya di dekat belalai karbu atau throttle body yang fungsinya adalah menyaring udara yang masuk ke ruang bakar sehingga ruang bakar menjadi lebih bersih. Dengan filter udara ini otomatis melindungi karbu/throttle bodi dan mesin dari udara kotor bro.

Nah seberapa pentingkah filter udara buat kendaraan kita? Penting banget bro, karena ketika kita berkendara bermacam2 kondisi jalan yang kita temukan, ada kondisi jalan/ medan dengan udara bersih namun ada juga kondisi jalanan yang berdebu apalagi berpasir, ada beberapa rekan yang mencopot filter udara pada kendaraannya (ini biasanya pada motor) mereka berdalih agar mendapatkan tenaga yang lebih dahsyat dari standarnya, namun hal ini tidak direkomendasikan. Alias not recommended. Karena debu, pasir atau kotoran yang masuk menyebabkan karbu atau throttlebody akan cepat kotor, akhire frekuensi servis akan lebih sering tidak jadi ngirit kan malah ngorot 😀 . Itu pun belum seberapa jika udara kotor, debu, kotoran atau pasir masuk ke ruang bakar bisa jadi ampelas di silinder bro, silinder jadi baret2 lalu turun mesin jadi ngorot lagi dah, apalagi turun mesin biayanya juga banyak bro. Uang dan motor haruse bisa dipake mudik lebaran akhire harus dialokasikan buat servis berat sayang kan.

IMG_20140902_104345Filter udara yang udah kotor

Oke, solusinya adalah selalu cek kondisi filter udara kendaraan kita, minimal tiap ganti oli, kalo udah kotor memungkinkan untuk dibersihkan bisa dibersihkan untuk filter yang model busa. Jika udah mulai lembek ganti.

Filter udara model busa honda grand

Jika filter model kertas untuk kendaraan keluaran terbaru ganti setiap 20.000 km sekali, untuk filternya harganya lebih terjangkau kok bro dibanding dengan biaya servis yang dikeluarkan, dengan kita rajin mengganti filter udara kita telah menghemat biaya servis. 😀

IMG_20140902_104030Filter udara Honda NMP cuma 21rb perak

Filter Udara Toyota Avanza

Sekian Semoga bermanfaat..

Advertisements
This entry was posted in Otomotif, Tips and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Ganti filter udara.. Hukumnya Wajib

  1. aL says:

    filternya murah yah? ane pake vario cw 110 filternya 43 rb an.

    Like

    • coolmegapro says:

      klo punyae nmp murah tuh.. hargae 21rb
      sebenere filternya bisa dibersihin om walaupun tidak recomended menurut pihak pabrikan. untuk pemakaian normal bisa diganti 2 tahun sekali atau 20.000 km om..
      sebenere 43rb juga untuk 2 tahun msh terjangkau, tapi klo pengen solusi murah bisa diakalin pake filternya honda grand.. klo ori 17rb klo merek federal 10rb dan bisa dibersihin dengan mudah 😀 murah kan… 😀 semoga membantu.. makasih udah mampir..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s