Mudik ke Jatim? Kenali titik rawan macetnya

Hai sob, gimana puasanya sampai sekarang masih lancar? Semoga puasanya sobat2 CMP lancar jaya tak ada macet sedikit pun. Tak terasa sekarang udah mau akhir bulan Juni alias udah masuk pada minggu ke-2 bulan Ramadhan menjelang memasuki 10 hari ke-2 bulan Ramadhan. Tentunya sudah ada rencana sobat untuk mudik ke kampung halaman. Mudik ke kampung halaman sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia untuk bersilaturahmi dengan orang tua, sanak famili bahkan sama teman2 lama. Mudik merupakan kebiasaan yang bagus karena silaturahmi memang sangat dianjurkan oleh agama terutama agama Islam.
Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. ( QS. An-Nisa ; 1 )

Macet-cet

Nah, kemana pun kapanpun kita bersilaturahmi/mudik hendaknya kita hati2 bro, hati2 dengan kondisi jalan terutama jalanan yang macet karena jalanan yang macet akan berpengaruh pada kondisi fisik dan mental kita. Pada artikel ini CMP akan share jalanan yang rawan macet yang berada di wilayah Jawa Timur. Langsung saja cekiidot :

Di jalur pantura, titik rawan macetnya adalah di Pasar Tambak Boyo daerah Tuban, di Pasar Babat (Lamongan), Lamongan Kota, dan di Duduk Sampeyan. Di pantura ini sering terjadi pasar tumpah  dan penumpukan kendaraan terutama di kota Lamongan dan terjadi bottleneck di Duduk Sampeyan (Gresik) maka dari itu jika ada jalan alternatif lain sebisa mungkin hindari daerah tersebut. Masih di pantura terutama di daerah tapal kuda mulai daerah Gempol, Bangil, Pasuruan dan Probolinggo (Pasar Ranuyoso) juga sering juga terjadi kemacetan.

Di jalur tengah arah Ngawi Surabaya, di daerah Saradan – Nganjuk – Kertosono sering terjadi kemacetan, penyebabnya adalah penumpukan kendaraan yang diakibatkan oleh menyempitnya jalan terutama di daerah Saradan – Nganjuk. Di Kota Kediri juga terjadi sedikit kemacetan di dekat Jembatan Bandar, di Kandangan juga terjadi di simpang tiga. Kemacetan juga terjadi di daerah Kertosono yang ada di Perempatan Kertosono sampai simpang Mengkreng Braan sering terjadi kemacetan karena banyaknya kendaraan adanya palang kereta api dan sempitnya jalan.

IMG_20140607_071452Jogja-Malang bisa ditempuh lewat Pacitan

Selain itu di daerah Mojokerto sekitar terminal juga sering macet karena ada penyempitan jalan sampai di daerah Balongbendo Sidoarjo. Menjelang Surabaya di daerah Kletek juga sering terjadi macet.

Jalur Surabaya-Malang sering macet

Di jalur Surabaya – Malang, di dekat tol Kejapanan juga rawan macet di jalan simpang 3 kejapanan juga macet, apollo, daerah Pandaan tepatnya dekat Taman Dayu dan gerbang Tol Pandaan terjadi crossing u-turn yang menyebabkan kemacetan luar biasa. Saat ini Dishub masih mengusahakan untuk rekayasa lalu lintas di lokasi ini. Kemacetan bersambung lagi di daerah Purwosari, Lawang, Karanglo – Malang, Karanglo-Batu, Batu-Malang sampai Kepanjen terjadi kemacetan.

Jalan Pacet-Cangar alternatif Jalur Surabaya – Batu dengan pemandangan yang eksotis

Wilayah Madura kemacetan terjadi di Pasar Tanah Merah dan Pasar Blegah yang sering tumpah.

Sekian artikel dari CMP semoga bisa dijadikan referensi sobat saat mudik ke Jatim.

Advertisements
This entry was posted in Berita, Tips and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s