Mencegah Komstir Oblak

Siapa yang komstirnya udah oblak? Siapa yang udah ganti komstir? Bagi sebagian rekan2 mungkin sudah mengalaminya. Komstir oblak merupakan salah satu penyakit yang cukup sering dialami oleh para rider. Komstir oblak ini penyebabnya bermacam-macam, bisa karena sering lewat jalanan yang tidak merata, sering menghantam lubang jalan, sudah mencapai tempo penggantian, dan settingan yang kurang pas.

CIMG3708Motor CMP ganti komstir saat berulang tahun ketiga

Komstir oblak ini walaupun cukup sering dialami oleh para rider namun tidak sedikit bagi mereka yang menyadari kalau komstirnya sudah mengalami oblak, maka dari itu CMP akan share tanda2 komstir yang sudah oblak.

  1. Handling terasa aneh. Yang dimaksud aneh ini bukan karena stir sobat2 ada setannya πŸ˜€ tapi yang kita rasakan pada saat riding adalah stang terasa seperti terganjal, jika dibelokkan akan terasa tidak rata, untuk kasus ini penyebabnya adalah mangkuk gotrinya sudah aus dan ausnya tidak merata sehingga timbul cekungan2. Akan lebih terasa lagi jika setelan konesnya kenceng maka akan terasa berat jika digunakan belok.
  2. Mengaluarkan bunyi, komstir yang oblak akan berbunyi jika kita melewati jalanan yang tidak rata atau pada saat kita mengerem mendadak, maka kones akan berbunyi cetuk2… atau gludug2…
  3. Yang lebih parah lagi jika gotri sudah pecah maka stang akan kocak bsa ke kanan kiri, atau depan belakang kalo udah stadium 3 akut kayak gini bisa ga bisa harus diganti karena menyangkut keselamatan bro.

Untuk perawatan komstir adalah free maintence alias bebas perawatan, komstir bertahan sampai batas waktu seberapa kuat bahan yang dipake bro πŸ˜€ walaupun sebenarnya bisa dirawat namun kurang efisien biayanya.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, maka dari itu sebaiknya kita mencegah komstir motor kita dari penyakit oblak, yaitu

  1. Jika memungkinkan pilih jalan yang paling mulus kalo ga ada yang paling sedikit lubang jalannya, atau hindari lubang jalan, kalau jalannya udah kebangetan rusak maka jangan memacu motor kita pada kecepatan tinggi.
  2. Settingan komstir jangan terlalu renggang karena celah2 pada mangkuk komstir jika kena benturan akibat lubang jalan akan menyebabkan mangkuk kones tidak rata.
  3. Settingan agak keras bisa bikin lebih awet sih namun lebih berat jika dibelokkan, maka lebih baik settingan standar aja, standar is the best.
  4. Tekanan angin ban depan jangan terlalu keras, untuk ban depan cukup 29psi
  5. Shock depan juga jangan terlalu keras juga karena agar bisa meredam getaran karena jalanan tidak rata sehingga komstir tetep awet.
  6. Jika sobat terpaksa mengganti, gantilah komstir dengan kualitas yang bagus, bisa pake ori atau aftermarket yang mereknya sudah teruji.

CIMG3702Komstir aftermarket pilih yang udah teruji

Sekian tips dari saya semoga komstirnya awet…

Advertisements
This entry was posted in Megapro, Otomotif, Tips and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s