Membaca Sholawat Ketika Perjalanan

IMG_20140607_071452Melakukan perjalanan mungkin sudah menjadi bagian dari kehidupan kita, mulai dari berjalan kaki sampai perjalanan naik pesawat. Setiap perjalanan pasti kita mengalami kejadian yang bermacam-macam, mulai kejadian yang mengenakkan sampai kejadian yang bisa membuat kita celaka. Seperti yang kita ketahui sob, safety riding merupakan hal yang utama yang menjadi no 1 ketika kita sedang berada di jalan. Secara logika safety riding menentukan keselamatan kita sehingga sampai ke tujuan.

Namun “sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya bisa jatuh juga”, ada faktor lain yang mengganggu kita ketika riding/driving, bisa dari faktor lahiriah maupun faktor batiniyah, dari faktor lahiriah misalkan pada saat riding kita sudah berhati-hati tiba-tiba ada pengendara lain yang nyelonong motong posisi kita, kendaraan di depan kita ngerem mendadak, motor di depan kita tiba-tiba belok seenaknya dan lain-lain ini bisa memancing emosi kita ketika di jalan.

gelap gulitaJalan yang gelap gulita sangat rawan

Dilihat dari faktor batiniah yang sering kita alami adalah perasaan hati kita ketika berkendara, bisa senang, susah, marah, sedih ini mengurangi kewaspadaan kita di jalan raya. Selain itu faktor lain ketika kita sedang single riding di jalan yang sepi, di hutan, di kuburan, ato di tempat lain yang mungkin angker. Dari situlah terkadang terjadi hal-hal yang di luar jangkauan pikiran manusia seperti terganggunya pandangan (fatamorgana) secara tiba-tiba. Maka dari itulah kita perlu memanfaatkan waktu perjalanan kita untuk berdoa, khususnya untuk yang beragama Islam untuk selalu membaca sholawat, apalagi ketika kita riding. Sholawat adalah doa yang ditujukan kepada Nabi kita Muhammad SAW. Mengapa kita dianjurkan untuk membaca sholawat?  Sholawat merupakan perintah Allah sebagaimana pada Al Quran Surat Al Ahzab 56

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi [1230]. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya” (QS Al Ahzab : 56)

Jelas kan kalau sholawat itu perintah Allah, Untuk bacaan sholawat itu banyak sekali dan sama bagusnya, namun yang paling mudah dibaca ketika riding adalah

Sholawat tentu akan bermanfaat buat kita, berikut adalah manfaat sholawat :

  1. Dengan sholawat maka doa-doa kita akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah, termasuk doa kita dalam memohon keselamatan ketika berada di jalan raya.
  2. Sering juga CMP diingatkan oleh orang – orang tua “sholawat sing akeh le” sebelum melakukan perjalanan, ini yang CMP rasakan, jika kita bersholawat maka minimal hati kita akan merasa lebih tentang dan tenteram, ini akan berdampak pada psikis kita saat di jalan ketika kita tenang kita lebih konsentrasi.
  3. Ketika kita bersholawat Insya Allah mencegah kita melamun, karena dengan melamun konsentrasi kita akan hilang dan ini sangat berbahaya bagi kita ketika di jalan.
  4. Dengan sholawat Insya Allah setan akan malas untuk mendekati kita 😀 dan kita senantiasa diberi keselamatan oleh Allah SWT.

Itulah manfaat sholawat yang CMP rasakan, mungkin sobat bisa menambahkan yang lain. Dan yang paling penting adalah biasakan kita untuk bersholawat.

Semoga bermanfaat.

Advertisements
This entry was posted in Safety Riding, Tips and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s