Moge Masuk Jalan Tol Indonesia? Tol Udah Macet Bro.. Mending Bikin Jalan sendiri

Akhir2 ini ada pemberitaan di media yang cukup menarik perhatian oleh para rider di Indonesia yaitu para pengguna moge (motor gede 400cc keatas) meminta kepada pemerintah agar mereka bisa masuk jalan tol. Pengguna moge beralasan jalanan di Indonesia sudah semakin padat dan ruwet sehingga menyulitkan mereka untuk mengendarai moge, termasuk beberapa bulan yang lalu beberapa kali kejadian kecelakaan yang melibatkan moge, dan mereka juga beralasan bahwa mereka sudah berkeliling dunia naik motor dan malu sama negara lain, bahkan mereka berjanji juga pengendara moge tidak akan ugal2 an di jalan tol.

Kalo kayak gini jelas mengganggu kendaraan lainnya (sumber Kompas otomotif)

Memang tujuan dari pengguna moge ini bagus yaitu untuk mengurangi angka kecelakaan yang pernah terjadi beberapa waktu silam, namun hendaknya dianalisis dulu dari berbagai sisi jika moge meminta masuk jalan tol.

1. Alasan jalanan sudah padat, alasan ini memang masuk akal namun ini resiko di negara kita yang notabene semakin banyak pengguna jalan lain yang memadati jalan raya, kita sama2 pengguna jalan Indonesia, kita sama2 bayar pajak, tidak hanya pengguna moge saja, pengendara lain motor kecil bebek supra pun juga bayar pajak, pemilik truk trailer juga bayar pajak bahkan mereka juga banyak mempunyai kepentingan yang lebih bermanfaat, mungkin pengendara moge bisa bayar berapapun mahalnya, namun juga harus disadari bahwa jalanan umum untuk mengakomodir kepentingan orang banyak. Jika moge tetep diijinkan masuk jalan tol maka pengendara motor lain bisa2 ikutan meminta persamaan haknya untuk boleh melewati jalan tol karena juga beralasan jalanan sudah padat dan sama2 bayar pajak.

2. Dilihat dari segi peraturan roda 2 dilarang masuk jalan tol. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, Pasal 38 ayat 1, bahwa penggunaan jalan tol hanya untuk kendaraan roda empat,”. Peraturannya di Indonesia sudah jelas kan apapun bentuknya roda 2 dilarang masuk jalan tol, kecuali di Suramadu dan di Bali diperbolehkan itu pun memakai jalur khusus untuk roda 2. Mengapa roda 2 jalurnya disendirikan?  Karena roda 2 tidak memiliki kestabilan seperti roda 4, dan biasanya roda 2 cenderung menyerobot di celah2 kendaraan besar maka akan menyulitkan pengendara truk atau bus yang memiliki beban pengendalian yang berat, apalagi harley jika jalurnya dijadikan satu sama kendaraan lain seperti mobil, truk, bus maka mereka pasti akan meminta keistimewaan didahulukan, ini akan sangat mengganggu kendaraan yang lebih besar dan berat ,menambah keruwetan jalan tol, dan pasti akan menambah kecelakaan di jalan tol.

3. Oke, mereka sudah paham safety riding dan sudah pernah berkeliling dunia naik motor, mereka malu dengan negara lain cuma Indonesia yang melarang moge masuk jalan tol. kalau alasan malunya cuma itu adalah kekanak-kanakan, budaya malu tuh harusnya malu karena melanggar peraturan, malu mencelakai orang lain, malu karena Indonesia masih tertinggal secara prestasi dengan negara lain. Budaya malu hendaknya disalurkan buat yang lain, Indonesia memerlukan SDM yang mumpuni untuk membangun negaranya, untuk mengangkat harkat dan martabatnya, dan bangsa/ negara lain akan segan terhadap Indonesia jika Indonesia bisa mandiri, memiliki SDM yang handal untuk mengelola SDAnya, memiliki segudang prestasi dan menjunjung tinggi nilai budayanya.

Jalan tol udah macet bro. Mau ditambah moge??

Apapun alasannya yah moge tetap tidak bisa masuk jalan tol, kalaupun bisa yah harus ada jalurnya sendiri untuk roda 2 itu pun dengan roda 2 yang lain, kalaupun tetep ngotot ya seperti kata bapak Kapolri “mending bikin jalan sendiri”

Advertisements
This entry was posted in Pendidikan, Safety Riding and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s