Hal-hal yang diperhatikan jika riding kecepatan tinggi

IMG_20140607_071452Apa kabar sobat2 CMP? tak terasa kita memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadhan, tentunya kita harus lebih meningkatkan ibadah kita pada sisa2 hari di bulan Ramadhan ini. Selain itu juga pada 10 hari terakhir ini suasana mudik juga sangat terasa ditandai dengan semakin ramainya jalan raya yang banyak lalu lalang orang mudik ke kampung halaman.

Kecelakaan akibat kurangnya pengendalian

Namun akhir2 ini kita mendengar berita kecelakaan di tol Cikampek – Palimanan yang disebabkan karena banyak pengendara yang memacu kendaraannya pada kecepatan tinggi. Rata2 mereka lengah terhadap kondisi jalan sehingga terkadang tak terasa speedometer sudah menunjukkan angkan 100 lebih. Sebenarnya riding/driving pada kecepatan tinggi bukanlah sesuatu yang haram untuk dilakukan, asal kita memperhatikan beberapa point yang ada berikut ini :

  1. Pastikan badan kita fit, kata fit disini dalam arti tidak dalam kondisi capek dan tidak dalam kondisi ngantuk, jika kita capek kita harus istirahat dan jika kita ngantuk maka kita harus tidur untuk mengembalikan stamina yang loyo. Ini hukumnya wazib bray alias diatasnya wajib jadi sebelum kita berkendara kita harus memastikan kondisi badan kita fit.
  2. Periksa kendaraan kita mulai mesin, roda, spion, fungsi rem, sampai tekanan udara dan kondisi ban harus kita perhatikan. Jika ada yang kurang berfungsi dengan baik jangan nekat.
  3. Pakai perlengkapan keselamatan kita, ini juga harus kita perhatikan. Jika kita mengendarai sepeda motor maka kita harus pakai helm, jaket, celana yang lebih tebal dan nyaman dan pakai sepatu. Untuk riding kecepatan tinggi CMP sarankan pakai helm full face untuk mengatasi turbulensi, pakai jaket yang tebal, dan pakai sepatu jangan pakai sandal, dan jika kita naik mobil pakailah sabuk pengaman, ini untuk meminimalisir cedera jika terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan.
  4. Ketika kita riding/driving posisikan badan kita pada posisi yang nyaman di jok, jadi jangan terburu2 untuk segera gas pol, kita pilih posisi yang nyaman dan longgar dengan gerakan kita saat berkendara.
  5. Untuk riding/driving kecepatan tinggi tidak disarankan untuk jalan yang ramai. Jika kita riding pada jalan yang ramai kita batasi kecepatan kita.
  6. Jika kita melewati jalanan yang sepi maka bolehlah kita dengan kecepatan tinggi, namun bukan berarti langsung berakselerasi kontan gitu, tambah kecepatan perlahan-lahan. Jalanan trek lurus panjang bukan berarti selalu aman aman, kita malah harus waspada. Jika ada kendaraan di depan, jika memungkinkan mendahului ya boleh aja namun jika tidak mungkin maka yang terbaik adalah jaga jarak aman.
  7. Semakin tinggi kecepatan resiko kita juga semakin tinggi, baiknya kita meningkatkan kewaspadaan atau ekstra ultra hati2, ada kalanya kita bersiap dengan segala kemungkinan, bisa tiba2 ada orang menyeberang kita harus bisa mencari posisi untuk menghindar, dan kita tingkatkan pengendalian terhadap kendaraan yang kita kemudikan, jangan sampai ada yang aneh pada kendaraan kita misalkan oleng, rem kurang pakem dsb.
  8. Dilarang keras riding kecepatan tinggi dengan membawa anak kecil dan jalanan yang minim rambu dan minim penerangan (malam hari)
  9. Tetap patuhi peraturan lalu lintas
  10. Baiknya kita selalu berdoa agar diberi keselamatan.
Advertisements
This entry was posted in Safety Riding, Tips and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s