Mesin Honda CB150R old dan CB150R facelift beda..

Halo sobat CMP sekalian, udah lama tak jumpa dengan atrikel2 dari blognya CMP. πŸ˜€ Yah beberapa hari yang lalu memang banyak aktivitas yang menyibukkan sehingga banyak menyita waktu untuk bikin artikel di blog ini. Okelah gapapa yang penting sekarang bisa ngeblog lagi. hehehe..

Akhir2 ini di dunia maya sedang ramai berita AHM akan mengeluarkan motor2 barunya, diantaranya adalah CB150R facelift dan Sonic 150R yang katanya akan launching bulan Agustus. Nah dari ramainya berita2 tersebut ada yang menarik bagi CMP untuk dibahas yaitu spesifikasi mesin CB150R facelift. Mungkin ada pertanyaan dari sobat2 kenapa yang dibahas masalah mesin? paling2 mesinnya sama aja plek dengan CB150R lawas? Eitss tunggu dulu, berikut adalah bocoran spesifikasinya :

Spesifikasi Honda CB150R StreetFire OLD

Panjang X lebar X tinggi : 2.008 x 719 x 1.061 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.288 mm
Jarak terendah ke tanah : 148 mm
Berat kosong : 129 kg
Tipe rangka : Diamond Steel (Truss Frame)
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal (Sistem Suspensi Pro-Link)
Ukuran ban depan : 80/90 – 17M/C 44P (Tubeless)
Ukuran ban belakang : 100/80 – 17M/C 52P (Tubeless)
Rem depan : Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
Rem belakang : Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
Kapasitas tangki bahan bakar : 12 liter
Tipe mesin : 4-Langkah, DOHC, 4-Katup, Silinder Tunggal
Diameter x langkah : 63,5 x 47,2 mm
Volume langkah : 149,48 cm3
Perbandingan Kompresi : 11.0 : 1
Daya Maksimum : 12,5 kW (16,7 HP)/ 10.000 rpm
Torsi Maksimum : 13,1 Nm (1,34 kgf.m)/ 8.000 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1,0 Liter pada Penggantian Periodik
Kopling Otomatis : –
Gigi Transmsi : 6-Kecepatan
Pola Pengoperan Gigi : 1-N-2-3-4-5-6
Starter : Pedal & Elektrik
Aki : MF 12 V – 5 Ah
Busi : –
Sistem Pengapian : Full Transistorized

Spesifikasi all new Honda CB150R StreetFire 2015 facelift

Panjang X lebar X tinggi : 2.019 x 719 x 1.039 (mm)
Jarak Sumbu Roda : 1.293 mm
Jarak terendah ke tanah : 169 mm
Tinggi jok : 797 mm
Berat kosong :136 kg
Tipe rangka : Diamond Steel (Truss Frame)
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal (Sistem Suspensi Pro-Link)
Ukuran ban depan :Β  100/80 – 17 (Tubeless)
Ukuran ban belakang : 130/70-17 (Tubeless)
Rem depan : Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
Rem belakang : Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
Kapasitas tangki bahan bakar : 12 liter
Tipe mesin : 4-Langkah, DOHC, 4-Katup, Silinder Tunggal
Diameter x langkah : 57,3 x 57,8 mm
Volume langkah : 149,16 cc
Perbandingan Kompresi : 11,3:1
Daya Maksimum : 12,5 kW (16,7 HP)/9.000 rpm
Torsi Maksimum : 14,0 Nm/7.000 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1,0 Liter pada Penggantian Periodik
Kopling Otomatis : –
Gigi Transmsi : 6-Kecepatan
Pola Pengoperan Gigi : 1-N-2-3-4-5-6
Starter : Pedal & Elektrik
Busi : –
Sistem Pengapian : Full Transistorized
Lampu : Full LED (headlight, stoplamp, winker)

Sumber Iwanbanaran dan TMC blog

Yuk kita analisis perbedaaannya :

1. Untuk tipe mesin mereka sama2 menggunakan tipe mesin DOHC (Double Overhead Camsaft) 4 klep atau dobel noken AS dengan 4 Klep.

2. CB150R old menggunakan konfigurasi bore x stroke : 63,5 x 47,2 seperti CBR, sedangkan CB150R facelift menggunakan mesin baru dengan konfigurasi bore x stroke : 57,3 x 57,8. Sehingga CB150R old bermesin overbore sedangkan CB150R facelift bermesin oversquare.

Enakan yang mana ya? Masing2 memiliki kelebihan dan kekurangan brosis, kalo mesin overbore bisa meraung sampek rpm yang lebih tinggi, namun dengan mesin overstroke bisa didapatkan torsi yang melimpah. Mengapa sekarang CB150R mengejar torsi? Yah menurut analisis pribadi CMP kalo CB150R facelift menggunakan ban yang lebih gambot sehingga diperlukan torsi yang melimpah mulai putaran bawah sampai putaran atas, dari situlah pada speknya terlihat torsi CB150R facelift lebih besar dari CB150R old. Untuk meraih tenaga puncak tidak perlu sampek meraung2 pada rpm 10rb jd cukup rpm 9rb sudah didapatkan tenaga puncak. So akselnya dapet, top speednya juga dapet. Namun ingat seher CB150 old tidak pnp jika dipasangkan ke CB150R facelift.

3. Untuk kubikasinya CB150R sedikit turun dibandingkan kakaknya, jika CB150R old kubikasi mesinnya 149,48 CC maka CB150R facelift kubikasi mesinnya 149,16 CC.

4. Dengan mesin baru pada CB150R facelift dengan kompresi yang melonjak sehingga wajib pake pertamax bro jika ingin mesinnya awet. πŸ˜€

Sekian semoga bermanfaat…

Advertisements
This entry was posted in Otomotif and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Mesin Honda CB150R old dan CB150R facelift beda..

  1. swap engine cbsf lama pake mesin sonic atau cbsf baru kok rasanya jadi menarik ya :mrgreen:

    Like

    • coolmegapro says:

      ya menarik banget om.. tapi menurut ane ga efektif om. secara yg old cb150 mesinx kan sama kayak cbr lebih mudah diupgrade.. mending klo punya old cb150r gedein aja velgnya ntar uda sama2 ganteng koq om. hehehe

      Like

  2. prasetyo says:

    ah selera brow,gak semua orang suka new cb yang baru.
    malahan masih banyak kok suka cb old karena ramping dan lebih simpel….

    Like

  3. iii says:

    suhu, klo swap engine nmp pake engine cbr150 perlu rubahan lagi?secara umur engine nmp sudh mayan uzur

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s