Ganti gear depan NMP ukuran 15T

Halo semua sobat CMP ketemu lagi di akhir pekan ini. Semoga nanti cuaca cerah jadi bisa kopdar dan silaturahmi bersama teman2 semuanya.

Kali ini CMP akan membahas tentang gear 15T di NMP standard. Berawal dari kesalahan CMP dalam memilih ban depan, Sebelumnya CMP memilih ban belakang ukuran 120/70 untuk dipasangkan di velg si kebo yg ukurannya sudah 3,5 inch, kemudian menyusul pula ban depan yang juga minta ganti.

Pada mulanya CMP pakai ban depan ukuran 100/70 kemudian CMP cari pengganti dengan ukuran yang sama namun tidak ada akhirnya CMP menjatuhkan pilihan ke ban FDR ukuran 100/80 yang sudah CMP ulas sebelumnya. Nah pada saat pakai ban 100/70 si kebo bisa lari dengan kecepatan 90 kpj pada rpm 7000, namun setelah diganti pake ban ukuran 100/80 kok kecepatan 90kpj malah ngoyo pada rpm 7500. Waduh kesalahan milih ban nih, setelah diusut ternyata ban depan lebih tebal daripada ban belakang.

Foto002

Ban depan si kebo uk 100/80 bikin ban belakang uk 120/70 ngoyo

Salah beli ban nih, tapi kalo ganti ukuran 90/80 akhirnya ban jadi mengotak ke velg dan kurang sedap dipandang mata, ban kelihatan cungkring, setelah CMP pikir2 akhirnya CMP memilih untuk mengganti gear depan dari 14T menjadi 15T. Perlu diketahui gear standar NMP konfigurasinya adalah 14-42 dengan perbandingan 3,00 setelah gear depan CMP ganti maka konfigurasinya menjadi 15-42 dengan perbandingan 2,8.

Foto004

Gear depan punya Neotech uk 15T

Foto002

Proses pemasangan gear 15T

Akhirnya terbeli juga gear depan punya GL Neotech ukuran 15T merek M*M seharga murah meriah 10 rb aja dan dipasang di bengkel langganan ongkosnya juga 10 rb, pemasangannya pun PNP alias plug n play.
Setelah selesai dipasang akhirnya tibalah saatnya untuk mencoba, eng ing eng… 😀 nafas si kebo pun sedikit lebih panjang. Kecepatan 90 dapat diraih di rpm 7000 kurang dikit dan kecepatan 100 dapat diraih di rpm 7500. Kayake lebih hemat bbm di jalan datar, namun kelemahannya akselnya sedikit lebih berat dan yang jelas di tanjakan tidak sehebat gear konfigurasi standar. Tapi tak apalah nanti sambil nunggu ban botak atau rante sudah kendor nanti bisa dikembalikan lagi ke standar dan sambil berburu ban ukuran 100/70

Oke deh lur selamat bermalam minggu ria, semoga bermanfaat. 😀

Advertisements
This entry was posted in Megapro, Otomotif, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Ganti gear depan NMP ukuran 15T

  1. saliwoakai says:

    pake gir depan 15T Dipake buat boncengan gmn om,,?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s