Perjalanan Toyota Avanza dari Waktu ke Waktu

Toyota Avanza merupakan salah satu mobil yang legendaris di Indonesia, mobil avanza ini memiliki kembaran yaitu Daihatsu Xenia karena masih satu pabrik yaitu astra, banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan Avanza sebagai kendaraannya terutama kendaraan keluarga termasuk CMP. Avanza dengan harga yang terjangkau memang mengusung sejumlah fitur yang menggiurkan, dengan mesin K3-VE berkubikasi 1300 cc yang cukup bertenaga bisa digunakan untuk mobilisasi baik dalam kota maupun luar kota, trek datar maupun tanjakan sedang.

Selain itu juga AC yang cukup mumpuni untuk satu mobil dan roda yang cukup besar ukuran 14″ untuk tipe E dan G dan 15″ untuk tipe S. Namun beberapa kelemahan juga ada di mobil legendaris ini seperti body ringan nan tipis sehingga kurang stabil di jalanan bergelombang dan jalan tol, jika kita memacu dalam kecepatan 90 kpj apalagi dengan terpaan angin akan terasa limbung. Namun itu tidak menyurutkan masyarakat untuk membeli avanza.

Nah dimulai dari pertama launching tahun 2003 sampai sekarang Toyota Avanza tentunya telah mengalami perjalanan panjang.

Avanza generasi pertama tahun 2004 ditawarkan dengan 2 pilihan tipe 1.3 G dan tipe 1.3 E Avanza generasi pertama memiliki ciri-ciri lampu belakang yang masih mengotak dan sektor mesin masih belum VVT-i.

Avanza Generasi I tahun 2004 (otosia)

Lampu Avanza Generasi I tahun 2004-2005 masih mengotak (modifikasi.com)

Kemudian tahun 2006 Avanza mendapatkan facelift dengan mesin ditambah fitur VVT-i agar lebih hemat bahan bakar, penggantian lampu belakang yang lebih sporty dan bumper depan yang lebih trendy dan interior yang lebih elegan. Pada tahun yang sama diperkenalkan Avanza tipe S dengan mesin 1500 cc yang lebih bertenaga, roda 15″ dan rem abs, tersedia juga untuk tipe otomatis pada Avanza S.

Tampak Depan Avanza 2006-2008

Tampak belakang Avanza Tahun 2006 – 2008. Tahun 2009 – 2010 model masih sama dengan emblem VVT-i dipindah ke samping kap mesin. (otosia)

Avanza S tahun 2006-2010

Tahun 2008 Avanza mengalami facelift kembali dengan lekukan pada atap untuk memperkokoh atap mobil dan perubahan peningkatan pada sisi interior. Tahun 2009 juga Toyota menawarkan transmisi otomatis pada tipe G dan tahun 2010 untuk tipe E.

Avanza Generasi kedua muncul tahun 2011 dengan nama All New Avanza, dengan perombakan total pada body. Mulanya body berbentuk membulat dan pada generasi kedua body berubah menjadi lebih fresh dan sporty dengan banyak lekukan sudut. Kemudian Avanza S mengalami perubahan total menjadi Avanza Veloz dengan penambahan fitur airbag untuk menambah keamanan, Electric power steering yang membuat setir lebih ringan. Handle pintu belakang juga disematkan untuk mempermudah membuka pintu belakang.

Tampak depan Avanza generasi 2 (toyota)

Tampak Belakang Avanza Generasi 2 (toyota)

Tahun 2013 semua varian Avanza dilengkapi dengan airbag sesuai standar keamanan terbaru dan jok dibuat lebih tebal untuk menambah kenyamanan perjalanan jarak jauh.

Avanza Veloz gen 2 (toyota)

Tahun 2015 bisa dikatakan sebagai kemunculan dari Avanza Generasi ketiga. Avanza Generasi ketiga ini oleh Toyota diberi nama Grand New Avanza. Dengan perubahan desain secara total dan mesin baru yang lebih bertenaga dan lebih hemat bahan bakar karena dilengkapi dengan dual VVT-i.

https://i2.wp.com/www.nastopo.com/wp-content/uploads/2015/07/grand-new-avanza-veloz.jpg

Avanza generasi ke-3 body dan mesin rombak total (toyota)

 

Sekian… 😀

Advertisements
This entry was posted in Berita, Otomotif, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Perjalanan Toyota Avanza dari Waktu ke Waktu

  1. avanza terakhir mesinnya udah dual vvti… sayang bentuknya jelek kalo kata saya :mrgreen:

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s