Versys 250 vs CRF 250? Kurang Layak buat Dibandingin

Selamat pagi sobat CMP, selamat berakfivitas. Waktu terus berlalu dan kita harus tetap semangat. Nah, di dunia maya sedang ramai-ramainya kedatangan motor baru kelas 250 cc yaitu Kawasaki Versys 250 dan Honda CRF 250. Sejak kedua motor tersebut launching alias muncul, perdebatan di kalangan biker juga ikut-ikutan muncul. Banyak dari biker dan blogger membanding-bandingkan kedua motor tersebut. Sebenarnya sah sah saja untuk membandingkan motor yang satu dengan motor yang lain, yah tentunya kita bebas untuk berpendapat, namanya pendapat yah pastilah tiap orang beda-beda.
Pada kesempatan ini CMP juga mau mengeluarkan pendapat. Statemen pertama CMP adalah “Kawasaki Versys 250 dan Honda CRF 250 tidak layak buat dibandingin”. Nah pasti muncul di benak pemirsa sekalian mengapa CMP mengeluarkan pernyataan seperti itu?

versys250_tour_grn

Kawasaki Versys 250 (sumber : Kawasaki motor Indonesia)

c5
Honda CRF 250 (sumber : http://www.honda.co.uk)
1. Kedua motor tersebut memang sama2 bergenre adventure. Namun sejatinya beda, Kalau Versys 250 untuk on road atau di aspal, kalau CRF 250 merupakan motor trail yang khusus dipakai di off road. Sebenarnya bisa juga Versys 250 untuk off road namun untuk offroad ringan karena menurut speknya bobot yang dimiliki 180 kg, angka yang cukup berat. demikian juga dengan CRF 250 bisa juga buat on road namun kurang nyaman.

2. Mesin yang dipakai sama2 250 cc DOHC. Tapi sangat berbeda, Versys memakai basis mesin Ninja 250 Fi dual silinder sedangkan CRF memakai basis mesin CBR250 yang masih 1 silinder. Keduanya memiliki karakter berbeda, antara tenaga dan torsi. Kembali lagi versys lebih cocok untuk on road dan CRF lebih cocok untuk offroad.

3.Dilihat dari bentuknya juga sudah menyiratkan bahwa Versys dirancang untuk di jalan aspal dengan jarak jauh, ditandai dengan adanya varian Versys tourer yg dilengkapi dengan box pannier dan lampu kabut, jok dibuat lebih lebar, seat heighnya tidak terlalu tinggi sehingga nyaman buat touring, sedangkan CRF memang gennya untuk offroad tentunya dengan jok yang lebih sempit dan seat heigh yang tinggi.

4. Tangki Versys yang kapasitasnya lebih besar daripada tangki CRF 250. Tangki Versys 17 liter bisa menempuh jarak yang lebih jauh daripada CRF yang hanya 10 liter (masih lebih besar besar NMP). Jadi CRF hanya cocok dipakai untuk mumbul2 saja di medan off road.

5. Ban yang dipakai juga beda, kalau Versys pakai ban enduro touring kalau CRF pakai ban murni offroad.

Dari ulasan di atas bisa kita tarik benang merah bahwa faktor utama pembeda antara Versys 250 dan CRF 250 adalah on road dan off road. Menurut CMP CRF 250 lebih cocok jika dibandingkan dengan Kawasaki KX/KLX 250. Jika Honda memang mau mengeluarkan produk seperti Versys yah lebih baik keluarin CB250X.
Oke itulah pendapat dari CMP yang berpendapat lain monggo silakan, beda pendapat ga perlu jotos2 an. Tiap produk memiliki kelebihan dan kekurangan.

Salam damai 1 aspal.

Advertisements
This entry was posted in Hobi, Otomotif, Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Versys 250 vs CRF 250? Kurang Layak buat Dibandingin

  1. techtonime says:

    kayaknya ada yg bingung habis jual megapro mau beli crf atau versys nih…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s