Hino AK8JRSA akankah masuk Indonesia?

Haloo para pemirsa reader CMP ketemu lagi di artikel CMP. Karena ada sesuatu hal yang menurut CMP menarik, maka CMP ingin menulis artikel di blog ini. Berawal dari salah satu video di youtube tentang perakitan bis di Negara Ekuador, mana tuh Ekuador silakan cari di google map. hehehe, ternyata di negara tersebut terdapat chassis bus Hino AK8JRSA. Apa menariknya sih bahas chassis segala? Kalo bicara menarik buat CMP sangat menarik mengingat bus Hino AK series banyak beredar juga di Indonesia, dan bus jenis ini yang sering CMP naiki ketika pulkam.

7101

Hino AK8-215 milik Sumber Group
Sedikit CMP mengulas masalah Hino AK. Hino AK ini merupakan seri chassis big bus Hino yang harganya paling murah di Indonesia. Karena paling murah ya wajarlah kalau biasanya dipake untuk bis ekonomi. Hino AK terkenal bandel, spare part mudah, ekonomis dan yang menarik lagi raungannya yang gahar.

Hino AK yang beredar di Indonesia saat ini adalah Hino AK8JRKA-FCJ, dengan tenaga 215 PS

Penjelasannya adalah

kode A merupakan kode letak mesin depan pada chassis bus hino

kode K8J merupakan kode mesin heritage Hino J08E series

kode R merupakan kode wheelbase chassis ukuran 5800 mm

kode selanjutnya CMP kurang paham silakan dikoreksi hehehe.

Hino AK8JRKA ini sudah mengaspal di Indonesia sejak tahun 2007 sampai sekarang tanpa perubahan yang berarti, yah mungkin karena Hino AK8 melengang sendirian tanpa pesaing sehingga terkesan kurang inovatif padahal Hino saat ini sudah meluncurkan Hino RN 285 dan truk New Hino Ranger 500 sedangkan Hino AK tidak tersentuh oleh inovasi sedikitpun.
Yang menjadi pertanyaan apakah tidak ada perubahan pada Hino AK padahal di negara lain sudah ada Hino AK yang lebih baik? Sebut saja negara Ekuador dimana sudah beredar Hino AKJRSA yang memiliki spek yang lebih superior dibanding Hino AK versi Indonesia.
Berikut adalah perbandingan spesifikasinya :

chassis HINO A215

Hino AKRJRKA (versi Indonesia)

Mesin : J08E Turbo Intercooler, Direct Injection, 7684 cc

Tenaga : 215 Ps

Torsi : 62 Kgm

Transmisi : LJ06S 6 speed

Emisi : Euro 2

Sistem Pengereman : Air Over Hydraulic

ak8jrsa_fr

Hino AK8JRSA versi Ekuador

Mesin : J08E Turbo Intercooler Direct Injection 7684 cc

Tenaga : 250 HP

Torsi : 75.4 Kgm

Transmisi : MF06 6 speed

Emisi : Euro 3

Sistem Pengereman : Full Air, dengan ABS

Screenshot_2017-03-21-15-55-15_com.adobe.reader_1490086774947

 

Jika dianalisis menurut CMP Hino AK perlu mendapatkan beberapa upgrade yang tujuannya untuk semakin memanjakan penumpang dengan keamanan dan kenyamanan. Transmisi jaman purba LJ06s perlu diganti dengan transmisi baru MF06. Dengan pengereman Full air dan ABS akan mengurangi resiko rem blong, upgrade tenaga yang lebih besar berarti driver juga tidak perlu membejek gas dalam2 untuk mendapatkan tenaga optimal bis. Dan Emisi Euro 3 dirasa perlu untuk mengurangi kadar polusi di bumi.

Memang untuk segmen bus ekonomi di Indonesia terkadang asal-asalan dengan alasan ekonomi, namun bukankah jika ada peningkatan akan menjadi lebih baik?? Penumpang sekarang semakin melek teknologi, semakin kritis dan semakin pilih2 bus mana yang paling aman dan nyaman.
monggo kritik dan sarannya

referensi :

http://www.hino.co.id/id/product/detail/hino-bus/hino-bus2/a-215

http://grupomavesa.com.ec/hino/modelo/detalles/ver/BUSESAK8JRSA/v/3

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements
This entry was posted in Bis, Hobi, Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s