Penyebab Rem Blong dan Solusinya

Masuk bulan Mei akhirnya CMP dapat menerbitkan artikel baru lagi. Long weekend telah usai, CMP ucapkan selamat beraktivitas. Tak lupa CMP mengucapkan belasungkawa kepada keluarga korban tabrakan beruntun yang terjadi di Puncak yang berselang pada long weekend kemarin, semoga arwah korban MD diterima di sisi-Nya dan bagi keluarga korban diberikan ketabahan, dan korban yang masih hidup semoga cepat sembuh dan dapat beraktivitas kembali.

859b9649-69c3-4e8b-a2ff-c02ca432c395_169

Kecelakaan bus di Puncak karena rem blong ( sumber: detik.com )

Kecelakaan yang terjadi akhir-akhir ini memang mengakibatkan trauma yang mendalam, penyebab sementara dari kecelakaan ini adalah rem blong. Rem merupakan perangkat yang wajib ada dan berfungsi untuk deselerasi/pelambat laju kendaraan ketika diperlukan. Keberadaan rem ini sangat-sangat penting karena menyangkut nyawa pengendara maupun orang-orang sekitar. Jika rem sampai blong maka akan menyebabkan kecelakaan. Berikut penyebab rem blong baik pada kendaraan kecil maupun besar :

  1. Kampas rem yang sudah aus ini bisa menjadi penyebab utama rem blong, kampas yang terdiri dari lempengan besi dengan asbes yang dipakai untuk deselerasi. Permukaan asbes tersebut lama kelamaan akan aus sampai hilang daya pengeremannya.
  2. Pada kendaraan kecil kebanyakan memakai fluida untuk transfer gaya pengereman mulai dari kaki sampai kampas. Jika kualitas fluida/ minyak rem berkurang/ berubah warna, tidak segera diganti/ bahkan habis maka akan mengganggu pengereman.
  3. Pada kendaraan besar terdapat rem angin dengan tekanan udara tertentu, jika tekanan udara kurang dari ambang batas juga mengakibatkan terganggunya fungsi rem.
  4. Perangkat rem yang rusak seperti master silinder, tuas, selang yang rusak juga akan mengganggu fungsi dari rem.
  5. Selain itu juga rem blong bisa terjadi jika kondisi kampas rem panas, jika kampas rem panas maka asbes akan mengeras dan daya cengkeramnya akan jauh berkurang. Penyebab kampas rem panas bisa terjadi apabila muatan berlebihan, turunan tajam, terlalu sering mengerem tergantung pada kampas dan bisa terjadi jika perangkat rem rusak.

942285_4125212907066_2118378234_n

Indikator tekanan angin pada bus Hino AK

Untuk itu pemirsa alangkah baiknya kalau kita mencegah sesuatu sebelum terjadi, berikut tips-tipsnya :

  1. Pada kendaraan besar maupun kecil selalu cek kondisi kampas dan perangkat rem yang lain sebelum jalan, apabila kampas telah aus segera diganti.
  2. Ganti fluida transfer/minyak rem secara berkala terutama jika telah berubah warna, dan hati-hati jika tinggi permukaan minyak rem berkurang, segera cek barangkali ada kebocoran.
  3. Pada kendaraan besar selalu pantau kondisi tekanan angin pada panel speedo, hindari muatan berlebihan, dan selalu perhitungkan rute yang dilewati, jika tidak memungkinkan sebaiknya tidak memaksakan diri.
  4. Jika ada bau gosong ketika anda melewati turunan, sebaiknya cari tempat yang datar dan aman, untuk berhenti terlebih dahulu.
  5. Untuk mencegah kampas rem terlalu panas adalah perbaiki cara berkendara, jangan terlalu sering berakselerasi/deselerasi. Ini akan menyebabkan kampas kopling cepat panas, jika anda menggunakan kendaraan bertansmisi manual kalau memungkinkan sebaiknya gunakan engine brake, dan jangan membiasakan untuk mengerem mendadak. Jika anda mengendarai kendaraan matic gunakan gear 3, 2, dan 1 atau gigi rendah. Bersabarlah dalam berkendara karena selisih waktu yang tidak seberapa sangat berharga bagi anda untuk keselamatan.

IMG_20170404_103423

Cek rem secara berkala, jika kampas sudah tipis segera ganti

Namun jika anda kebetulan lagi apes mengalami rem blong, mari kita simak beberapa tips dari sodara CMP yang kebetulan juga pernah mengalami rem blong.

  1. Jangan panik dan tetap konsentrasi untuk melakukan pelambatan secepatnya.
  2. Jika anda menggunakan transmisi manual maka lakukan pengurangan gigi secara bertahap dan cepat misal 5-4-3-2-1. setelah gigi 1 lakukan pengereman tangan dan matikan mesin dalam kondisi tuas perseneling masih masuk pada gigi rendah.
  3. Salah satu alternatif adalah jika kondisi pinggir jalan aman dan ada sawah maka kendaraan anda bisa anda ceburkan ke sawah atau pasir kalau ada.
  4. Jika berhasil berhenti, jangan mengendarai kendaraan anda lagi, segera perbaiki rem kendaraan anda.

13178986_10204687210458581_8288450504969733563_n

Perhatikan rute yang ada lewati, jika tidak memungkinkan dilewati ya jangan dilewati

Semoga membantu dan semoga kita selalu diberikan keselamatan.

Advertisements
This entry was posted in Berita, Safety Riding, Tips and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Penyebab Rem Blong dan Solusinya

  1. techtonime says:

    saya sih nggak heran banyak kecelakaan di indo diakibatkan karena rem blong. ganti kampas rem ditunda tunda alasannya ga punya wang, duitnya lebih mending dipake beli rokok misalnya… padahal harga kampas rem sangat murah dibanding manfaatnya… belum lagi sim aja nembak makanya skill berkendaranya payah banget trmasuk kemampuan bagaimana mengatasi rem blong diturunan…

    Liked by 1 person

    • coolmegapro says:

      iya mbah.. kalo alasan ga punya uang mending jgn piara kendaraan.. betull. sim juga banyak yg tembakan.. juga sekarang uji kir kayak guyonan aja. jadi permainan oknum2. misal : waktu uji kir ban botak, nah oleh oknum2 disewain ban, bayar dengan uang.. habis itu bannya dikembalikan lagi jadi botak lagi bannya alias ga layak jalan. memang sudah ruwet juga sistem di Indo..

      Like

  2. gegara telat ganti rem nyawa jadi taruhannya… sebaiknya mikir juga kalo rem itu sangat penting.. bayangkan kalo sudah terjadi kecelakaan.. harga rem tidak sebanding dengan biaya pengobatan

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s