Fenomena Avanza Killer? Wuling – Expander? Kambing Guling, Rawon Nguling, Surrender?

Haloo sobat CMP ketemu lagi dengan CMP beserta artikel2nya, pada artikel ini akan diulas tentang fenomena yang terjadi pada saat ini, apa itu? yaa, yg rame dibicarakan oleh netizen dunia otomotif kali ini adalah munculnya mobil Wuling confero S dengan Mitsubishi Expander yang waktu munculnya hampir bersamaan.

Spesifikasi-dan-Harga-Wuling-Confero-S

Wuling confero S (sumber : http://www.otomaniac.com)

3531232838

Mitsubishi Expander (Sumber : http://otomotif.kompas.com)

Kedua mobil ini bentuk resminya adalah mobil MPV dengan kubikasi mesin 1500cc, perlu diketahui bahwa segment MPV merupakan segmen yang paling banyak dan menggiurkan di Indonesia, karena muat penumpang banyak. Dan mesin 1500 cc ini merupakan mesin yang cukup powerful untuk memuat penumpang sebanyak 7 orang dan kedua MPV ini memiliki cita-cita yang sama yaitu sebagai Avanza killer.

490

Jika nawaitunya mau menjadi avanza killer tentunya ada beberapa point yang perlu diperhatikan.

  1. Saat ini Toyota Avanza dibanderol paling murah adalah 189,7 juta, disini avanza telah merajai penjualan MPV sejak lebih dari 10 tahun yang lalu, dengan brand image toyota yang begitu kuat, selama 10 tahun lebih nama avanza telah melegenda, hal ini menyebabkan harga jual kembali avanza bertahan. Namun avanza yang paling murah masih menggunakan mesin 1300 cc yang tentunya bukan kelas untuk kompetitornya yang sudah menggunakan mesin 1500 cc. Seharusnya perbandingan yang pantas adalah avanza veloz masih dijual seharga 220 juta lebih, dengan mesin 1500cc berpenggerak rwd. Memang selisih harga cukup signifikan, brand merek Toyota yang sudah tertanam di hati masyarakat Indonesia. Oiya aftersales Toyota di Indonesia boleh dibilang bagus, dengan tersedia bengkel2 yang telah tersebar di pelosok Indonesia, dukungan spare part yang mudah (ga perlu beli online) juga menjadi point plus avanza
  2. Wuling Confero S menjadi penantang baru Avanza sekaligus panantang baru mobil2 MPV yang lain, entah faktor apa yang menyebabkan Wuling ini masuk Indonesia, hmm mungkin Wuling ingin seperti HP-hp cina yang telah menjamur di Indonesia, dengan fitur yang bagus dan lengkap serta harga yang lebih murah, Wuling ini dijual seharga 130-160an juta rupiah. Wuling Confero S ini dibekali mesin 1500 cc dengan penggerak roda belakang seperti Avanza Veloz, penggerak roda belakang saat ini menjadi point plus untuk sebuah mobil agar bisa bertahan hidup di Indonesia yang bergunung2, penuh dengan kekejaman lubang jalan maupun jalanan bergelombang. Namun untuk bisa menjadi avanza killer tentunya Wuling harus memiliki strategi marketing yang jitu, mungkin wuling harus belajar dari perusahaan HP OPPO yang menjamur di masyarakat.
  3. Mitsubishi Expander juga menjadi penantang baru Avanza yang sangat berambisi untuk menjadi avanza killer, Mitsubishi Expander ini tentunya memiliki berbagai kelebihan yaitu tampang sangar khas pajero yah bisa dibilang mini pajero/crossover, tenaga yang lebih besar, bentuk yang agresif seperti pajero sport terbaru, mesin yang dipakai kabarnya 1500 cc berbasis mesin yang sama seperti Colt T120SS yang terkenal bandel, nama Mitsubishi juga tidak bisa dipandang sebelah mata, karena mitsubishi juga satu grup dengan Mercedes Benz. Expander ini dijual seharga 189-246 juta. Tentunya harga ini kompetitif jika head to head dengan Avanza, namun mobil ini dilengkapi dengan penggerak depan (FWD), entah mengapa menurut penilaian CMP ini sangat disayangkan karena seharusnya mini pajero memiliki penggerak belakang yang lebih kuat untuk bertahan di Indonesia.

Jika dianalisis, dengan melihat sejarah Suzuki dengan Ertiganya dengan mesin tangguh+fitur mewah namun dengan penggerak depan, dan mobilio dengan tenaga besar namun juga dengan penggerak depan rasa-rasanya masih berat jika Expander mau menjadi avanza killer. Belum lagi brand name Toyota yang begitu mengakar kuat di Indonesia. Wuling sebenarnya bisa berpotensi merebut pasar jika mau belajar marketing ke OPPO, dan saat ini malah terjadi perdebatan antara Wuling VS Expander di grup motuba, entah #mendingwuling atau #wulingexpander atau #wulingsurrender entah #kambingwuling wes ta lah cek dipikir dewe2..

Screenshot_2017-07-24-15-05-34_com.facebook.katana

Screenshot_2017-07-24-16-09-22_com.facebook.katana

Yah sebagai penonton kita tunggu aja perkembangannya.

Sekian

 

 

Advertisements
This entry was posted in Berita, Hobi, Otomotif and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s