Kehandalan dan Potensi Hino AK8

Halo sobat CMP sebelumnya selamat berlibur akhir pekan, mau liburan kemana aja tetap hati-hati dan waspada karena bahaya terdapat dimana-mana. Oke yah di artikel ini CMP membahas tentang salah satu chassis yang cukup lama eksis dalam dunia perbis an di Indonesia yaitu Hino AK8. Hino AK8 ini telah menemani aktivitas mobilisasi alias sudah mengaspal selama 10 tahun atau 1 dekade terutama untuk bis ekonomi maupun bis patas.

chassis HINO A215

Banyak Perusahaan otobis yang memakai chassis ini diantaranya Sumber Group, Mira, Harapan Jaya, Pelita Indah, Safari, Akas Group, Mila Sejahtera, dan lain-lain. Mungkin ada pertanyaan, apa sih keistimewaan Hino AK8 ini? padahal mesinnya di depan berisik seperti truk dan suspensinya terasa gemblodak? Okelah mari kita ulas pada artikel ini.

IMG_20170221_093947

Hino AK8 milik Sumber

Hino AK8 ini bertenaga 215 PS diproduksi sejak tahun 2007 merupakan salah satu chassis bus besar andalan Hino Motor Indonesia yang paling murah kalo ga salah harganya 450-500 jutaan untuk chassisnya saja. Karena paling murah disini Hino AK8 lebih sering dipakai untuk bis kelas ekonomi. Walaupun murah namun juga tidak bisa dibilang murahan, Hino AK8 ini merupakan chassis Hino AK pertama yang memakai turbo intercooler, dengan turbo intercooler ini tenaga putaran atas lebih mudah didapat dibandingkan pendahulunya, chassis ini termasuk tahan banting alias jarang rewel. Jika dibandingkan dengan pendahulunya chassis Hino AK8 ini lebih empuk, lebih terasa lagi jika dibandingkan dengan mitsubishi BM, akan terasa jauuuh kenyamanannya. Terbukti Hino AK juga dipakai untuk bus non ekonomi seperti milik Harapan Jaya.

hqdefault

Bus Hino AK non ekonomi milik HJ (sumber : youtube channel milik Wisnu Setiawan)

Hino AK walaupun secara standard memiliki tenaga 215 PS yg mungkin pas2 an jika dibandingkan dengan Hino RK 260 dan Hino RN 285, namun pada dasarnya mereka memiliki basis mesin yang sama yaitu J08E, hanya beda settingan pada boschpump, turbo, knalpot, dan lain2. Jika disetting oleh mekanik yang handal Hino AK bisa mengimbangi bus-bus yang lebih mahal. Terbukti kita sering melihat di jalan Bus Hino AK lebih kencang dari rival2nya seperti Hino RK, Hino RG, Mercedes OH 1526/1626.

10628344_1628526920710320_5646737213688067259_n

Akas Green (sumber : google)

Sampai saat ini sayangnya Hino AK belum mendapatkan update yang signifikan dari Hino Motor Indonesia, hanya penambahan ban tubeless. Termasuk transmisinya masih memakai transmisi jadul LJ06S. Padahal untuk truk sudah mendapatkan upgrade. Mungkin jika Indonesia diberlalukan Emisi Euro 4 mungkin Hino AK8 akan diupgrade dengan produk yang lebih baru dan lebih ramah lingkungan.

Advertisements
This entry was posted in Bis, Otomotif and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s