DIY Ganti Seal Shock Depan Motor

Hola brosist. Sebelumnya CMP ucapkan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 72. Semoga merah putih terus berkibar selama lamanya. NKRI harga mati dan save Pancasila. Pada 17 Agustus kali ini CMP akan membagikan tips cara ganti seal shock depan. Ritual ganti seal shock depan ini wajib dilakukan jika shock depan udah meler ditandai dengan basah oli pada selebor dan banyaknya debu yang terperangkap pada oli. Jika tidak segera diganti maka motor akan kehilangan keseimbangan yang bisa menyebabkan kecelakaan.
Penggantian seal shock depan ini bisa dilakukan sendiri asal ada waktu luang, untuk motor yang akan diganti sealnya CMP mengambil contoh motor honda supra x 100 cc karena bobotnya cukup ringan hehehe, berikut tipsnya :

Siapkan alat : Kunci Ring 10, 12, 14, kunci L, Kunci Bintang untuk cakram (jika ada), obeng min, tang, laher roda bekas, tempat oli tap, spet dan lap kering

Siapkan bahan : seal shock dan oli shock

Ukuran tabung shock depan motor bebek dan matic honda adalah 26 mm

Ukuran tabung shock depan motor win dan GL 100 adalah 27 mm

Ukuran tabung shock depan GL, Megapro, Tiger, CB150, CBR 150, Verza adalah 31 mm

Ukuran tabung shock depan motor bebek dan matic yamaha adalah 26 mm

Ukuran tabung shock depan motor sport Yamaha adalah VIxion/Scorpio 33 mm dan Byson 41 mm

Bongkar shock depan

IMG_20170817_115802

Congkel penutup seal shock atas menggunakan obeng min.

Lepas as shock melalui baut shock yang ada di bawah dengan kunci L, dan tuangkan oli bekas pada tempat yang telah disediakan.

IMG_20170817_120456

Bersihkan as shock dan cek apakah ada baret, kalau ada baret segera diganti, karena percuma kalo tidak diganti maka oli akan tetap merembes.

IMG_20170817_121524

Copot klip kancing seal shock, dan copot seal shock lama dengan menggunakan obeng min.

IMG_20170817_121355

Bersihkan tabung shock kemudian rakit kembali menggunakan seal shock yang baru, untuk memasang seal shock yang baru kita bisa menggunakan bantuan laher roda bekas kode 6301.

IMG_20170817_121608

IMG_20170817_121627

Pasang klip as shock, kemudian rakit kembali as shock pada tabung

Kemudian isi tabung shock dengan oli shock sesuai takaran standard melalui drat baut tabung shock yang bawah,

IMG_20170817_120753

Image result for takaran oli shock depan

takaran standard honda (sumber :http://bambang-ar.blogspot.co.id)

Image result for takaran oli shock depan

takaran oli shock motor yamaha (sumber : tegeanblog.com)

IMG_20170817_115542

Kencangkan kembali baut shock menggunakan kunci L.

IMG_20170817_120456

Pasang kembali penutup seal shock

IMG_20170817_115526

Lakukan hal yang sama pada shock sebelah dan yang penting takaran oli shock kanan dan kiri harus sama.

IMG_20170817_122543

Shock siap dipasang kembali

Advertisements
This entry was posted in Megapro, Tips and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s