Suzuki Carry 1000, mobil manual yang bener2 manual

Halo sob, ketemu lagi dalam ulasan blogger CMP, kali ini CMP mau mengulas tentang suzuki Carry 1000. Bicara soal carry 1000 mobil ini adalah sebuah van murah meriah tanpa bonnet, mobil ini sangat dibenci bagi kaum pecinta mobil teknologi canggih namun dicintai oleh pekerja yang memanfaatkannya.

78215_1391185758096_7088692_o

Okelah, mobil ini memang mobil yang sangat irit di masanya, bahkan sekarang masih banyak yang bilang ini mobil irit, gampang dioprek, spare part mudah dan murah bahkan bengkel di pinggir jalan dan montir manapun sudah dipastikan bisa menangani mobil ini.

Mengapa CMP mengatakan bahwa mobil carry 1.0 ini merupakan mobil manual yang bener2 manual? Karena mobil ini memang harus dikendalikan secara manual, jauh dari kata canggih, bahkan sangat tergantung cara driver bawanya. Berikut ulasan lengkapnya :

  1. Faktor safety, suzuki carry 1.0 ini lahir dari dulu tanpa bonnet, bahkan masih mending kijang dan mobil2 sekarang yang memiliki bonnet, satu2nya fitur keselamatan yang dimiliki adalah sabuk pengaman, itu pun sabuk pengaman yang murah meriah, selebihnya faktor keselamatan ada di tangan driver, jika drivernya bawanya kenceng maka harus super hati2 karena sedikit oleng saja bisa oleng betulan.
  2. Faktor kemudi, suzuki carry ini dilengkapi steering by power alias tanpa power steering, jadi untuk membelokkan roda depan carry si pengemudi harus memiliki power untuk memutarnya, jangan harap sobat mendapatkan tilt steering apalagi telescopic steering pada carry, apalagi stability control yang ada pada mobil sekarang, maka dari itu faktor kemudi juga sangat tergantung pada driver.
  3. Tongkat Perseneling dan hand rem, Untuk tongkat perseneling pada suzuki carry semua versi manual baik versi 4 speed maupun yg 5 speed, dilihat dari bentuknya tongkat perseneling ini kayak tongkat perseneling mobil pada umumnya namun tongkat perseneling carry memiliki khas jika mobil masih setengah jalan maka agak susah ngoper dari gigi 2 ke gigi 1 alias harus feeling driver, sehingga jika berjalan di tanjakan butuh skill driver agar mobil kuat nanjak dan pengoperannya pas. Jangan harap ada fitur hill assist pada carry seperti mobil2 yang ada sekarang.
  4. Faktor pengereman, suzuki carry dilengkapi dengan rem cakram depan dan teromol belakang, namun absen ABS. Jika pengereman mendadak juga butuh skill driver untuk menghentikan laju mobil ini.
  5. Kemudian faktor AC, secara bawaan carry dibekali fitur AC yaitu angin cendela, itu pun pake window by power alias tanpa power window, sehingga memerlukan tenaga jika mau naik turunkan kaca atau menggeser kaca. Apalagi naik turunkan kaca sambil nyetir.
  6. Dan yang terakhir adalah faktor mesin. Disini diperlukan kepekaan driver jika mendeteksi ketidaknormalan pada mesin, pengapian dll. Jangan samakan dengan mobil sekarang yang dilengkapi dengan check engine.

Dari beberapa faktor di atas memang bisa disimpulkan bahwa suzuki Carry memang mobil manual yang bener2 manual, karena beberapa faktor di atas memang sangat tergantung driver membawanya. Namun tulisan ini tidak bermaksud untuk mendiskretkan mobil Carry dengan mobil2 yang sekarang, karena CMP dulu juga belajar dari mobil carry milik bapak, dan bagi sobat pengemudi Carry memang seharusnya bangga karena kalian termasuk driver yang lihai bawa mobil.

Sekian

 

Advertisements
This entry was posted in Otomotif and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Suzuki Carry 1000, mobil manual yang bener2 manual

  1. awansan says:

    hehe saya pertama utak utik mobil pake carry juga , milik simbah

    emang butuh power sepiring untuk mengendalikan mobil ini, apalagi pas parkir šŸ˜†

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s