Review Mercedes Benz OF 1113 Milik Damri

Selamat malam sobat cmp, pada kesempatan ini cmp mau mereview tentang salah satu sejarah transportasi atau transportasi bersejarah yaitu Mercedes Benz OF 1113. Bus ini merupakan Bus kota di Surabaya milik Damri. Tentunya kita sudah tau Damri banyak memiliki bus Mercedes Benz seri lawas.

IMG_20171106_133559

Bus Damri ini cmp naiki ketika perjalanan dari DTC ke terminal purabaya Surabaya, waktu menunggu bus ternyata ada sebuah bus bermesin depan baut roda 10 dan agak pendek, itulah OF 1113.Waktu itu kursi masih banyak yang kosong, cmp memilih duduk paling depan sebelah driver. Kesan pertama naik duduk di depan adalah terasa sempit, mungkin karena bus ini memiliki pintu di tengah dan belakang, sehingga jok depan dimaksimalkan maju sampai di kap kompresor ac.

IMG_20171106_132433

5 speed, baguslah untuk bus lawas

Kemudian cmp melihat kemudi, terlihat setir tampah khas mercedes benz seri lawas, sedikit melirik tuas transmisi ternyata memiliki 5 percepatan, dashboard dengan speedometer dan minus rpm, jadi driver pake feeling ngukur rpmnya, namun sudah full air remnya.  Driver yang membawa juga cukup halus mesin juga masih lumayan nyaring suaranya, kemungkinan ini sudah pake mesin OM 366 yang legendaris, hanya saja tidak ada suara raungan turbo, jadi kemungkinan ini bus belum pake turbo.

IMG_20171106_132420

sudah full air remnya

Sektor suspensi bus ini cukup nyaman bantingannya, tapi sayangnya untuk tata ruang interior dari karoseri masih kurang nyaman dan efisien,  bangku baris depan sebelah driver terasa penuh ketika cmp naiki, dan peredam masih kurang meredam panasnya mesin, jadi panas mesin masuk ke kabin. jika dibandingkan dengan hino AK17 masih nyaman OF 1113, apalagi jika dibandingkan dengan mitsubishi BM bisa dibilang jauh. Soal rem jelas OF pemenangnya karena sudah full air. Hino AK terbaru aja belum full air.

Okelah, overall walaupun ini kendaraan lama, namun patut diacungi jempol karena masih eksis sampai sekarang dimana sekarang banyak  po yang menggunakan kompetitornya.

Sekian

 

Advertisements
This entry was posted in Bis and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Review Mercedes Benz OF 1113 Milik Damri

  1. awansan says:

    sepertinya sudah turbo om, kalo beluum turbo tidak kuat dipasang AC , kecuali pakai AC gantung hihi

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s